Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Menkes Budi Kembali Imbau Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 Gejala Ringan Cukup Lakukan Isoman di Rumah

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Entah kelelahan, distraksi, kurangnya motivasi, atau hal lainnya, ketidakmampuan untuk tetap fokus selalu menjadi lubang dalam produktivitas kita dan akan membatasi peluang untuk sukses.

Jadi, menghilangkan distraksi, menginvestasikan waktu untuk menjaga kesehatan fisik serta mental, dan menerapkan kebiasaan sehat dapat meningkatkan produktivitas Anda.

Berikut 5 tips yang menurut ilmuwan dapat meningkatkan fokus:

1. Minimalkan multitasking

Baca Juga:
Tren Buruk Persita Terus Berlanjut, Widodo Soroti Masalah Konsentrasi

Orang yang multitasking mungkin tampak seperti manusia hebat, tetapi mereka justru bekerja lebih buruk.

Dalam sebuah studi Stanford 2009, yang dilakukan terhadap 100 mahasiswa menunjukkan bahwa hasil kinerja multitasker lebih buruk pada setiap tes.

“Mereka payah karena ketidakrelevanan. Semuanya mengalihkan perhatian mereka,” jelas peneliti Clifford Nass, dilansir Insider.

2. Meditasi

Meditasi adalah cara yang pasti untuk meningkatkan fokus karena membutuhkan banyak konsentrasi.

Baca Juga:
Selain Bikin Sehat, Olahraga Juga Bisa Bantu Anak Konsentrasi Belajar

Hal ini dibuktikan dalam studi dari University of North Carolina. Studi menunjukkan bahwa siswa yang bermeditasi selama 20 menit sehari selama empat hari memiliki hasil yang lebih baik dalam tes kognitif tertentu.

Studi 2011 lainnya menemukan orang yang bermeditasi secara teratur cenderung memiliki pikiran yang tidak mudah mengembara dan umumnya lebih bahagia.

Ilustrasi Fokus. (pexels.com//4050315)
Ilustrasi Fokus. (pexels.com//4050315)

3. Berolahraga secara teratur

Olahraga seperti lari, berenang, dan angkat berat tidak hanya baik untuk tubuh, tetapi juga meningkatkan kesehatan otak yang penting untuk kapasitas memori dan konsentrasi.

Ilmuwan berpikir olahraga teratur dapat membantu merangsang pelepasan zat kimia dari otak yang disebut faktor neurotropik.

4. Buat daftar tugas

Daftar tugas membantu Anda memprioritaskan tugas apa yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Selain itu, pekerjaan yang tidak selesai bisa ‘menggerogoti’ konsentrasi Anda.

Baca :  Mudah Sakit? Bisa Jadi Karena Kekurangan Konsumsi Lemak Sehat

Itu berasal dari efek zeigarnik, yang merupakan kecenderungan untuk mengingat tugas yang belum selesai.

5. Minum kopi

Jika Anda merasa pusing, ambil secangkir kopi atau zat berkafein lainnya. Studi menunjukkan kafein dapat membantu meningkatkan fokus.

Namun, manfaat tersebut akan dirasakan apabila mengonsumsinya dalam jumlah sedang. Sebab, meminumnya dalam jumlah berlebih dapat mengurangi kemampuan dalam berkonsentrasi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.