Indeks berita terkini dan terbaru hari ini

5 Manfaat Sayur Oyong untuk Kesehatan, Bagus Dikonsumsi Penderita Asam Urat

0

Cariberita.co.id – Apakah Anda salah satu penggemar sayur oyong? Jika ya, Anda patut bergembira sebab ternyata manfaat sayur oyong untuk kesehatan cukup banyak. Ketika dikonsumsi dalam porsi yang ideal, Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal dari sayur yang satu ini.

Dilihat dari kandungannya saja, Anda bisa melihat berapa banyak manfaat sayur oyong yang bisa diperoleh. Mulai dari Protein, Lemak, Karbohidrat, Serat, berbagai Vitamin, Mangan, Kalium, Magnesium, Zat Besi, hingga Fosfor, semua bisa diperoleh dalam seporsi sayur oyong.

Lalu dengan Kandungan Ini, Apa Saja Manfaatnya?

Berangkat dari kandungan yang dimiliki oyong tadi, tak heran jika manfaatnya juga sangat banyak. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Baca Juga:
7 Cara Mengatasi Masalah Asam Urat, Nyeri Sendi Berkurang!

1. Untuk Asam Urat

Kombinasi Karbohidrat, Vitamin B1, Vitamin C, Kalsium, Zat Besi, dan Fosfor di dalam oyong sangat ampuh untuk meringankan asam urat. Selain itu manfaat lain adalah mengatasi peradangan, sehingga kadar asam urat bisa lebih dikontrol dan tidak menimbulkan pembengkakan.

2. Untuk Diet

Oyong mengandung kadar air yang tinggi serta kadar Serat yang tak bisa diremehkan. Selain itu sayuran ini rendah lemak jenuh, sehingga konsumsi oyong rutin dapat membantu mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

3. Membantu Meringankan Sinusitis

Baca Juga:
Obat Asam Urat Bisa Cegah Kematian akibat Virus Corona 50 Persen, Benarkah?

Pada beberapa produk homeopati, terdapat kandungan ekstrak oyong, lungmoss, dan Kalium. Produk ini digunakan untuk membantu meringankan gejala sinusitis. Jadi logikanya, konsumsi oyong juga dapat membantu meringankan keluhan akibat sinusitis bukan?

4. Melawan Mikroba Penyebab Penyakit

Manfaat ini ditemukan dan diyakini pada pengobatan tradisional India. Kandungan dalam oyong dapat membantu melawan berbagai mikroba penyebab infeksi, jamur, bakteri, hingga virus. Oyong yang dijadikan bubuk memiliki kandungan Metanol dan Etil Asetat, yang dipercaya mampu melawan bakteri dan mikroba jahat.

5. Anti Radang Alami

Manfaat kelima dari sayur oyong adalah memiliki sifat anti radang alami. Sifat ini dimiliki biji oyong, yang turut dimasak saat membuat sayur ini. Kandungan Flavonoid dan Asam Fenolik jadi sumber sifat bermanfaat tersebut.

Itu tadi, beberapa manfaat sayur oyong untuk kesehatan Anda. Tentu, manfaat ini bisa diperoleh dengan konsumsi sayur yang porsinya ideal dan tidak berlebihan, serta menerapkan pola hidup sehat. Semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat beraktivitas kembali.

Leave A Reply

Your email address will not be published.