Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Ini Minuman Herbal Paling Banyak Dicari di Tengah Meroketnya Gelombang Omicron

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Salah satu efek samping yang muncul setelah lebaran adalah meningkatnya kadar kolesterol di dalam tubuh. Anda tidak bisa pungkiri, jika banyak sekali makanan yang dapat memicu hal ini selama lebaran. Maka dari itu, sekilas mengenai obat penurun kolesterol alami bisa Anda lihat di artikel singkat ini.

Sebenarnya cara terbaik untuk menurunkan kolesterol adalah dengan berkunjung ke dokter, memeriksakan diri, dan mendapatkan arahan langsung dari dokter yang ahli. Namun demikian, beberapa obat penurun kolesterol alami ini bisa jadi opsi tambahan, setelah dikonsultasikan dengan dokter.

1. Biji Rami

Pertama adalah biji rami. Biji rami mengandung asam alfa-linolenat atau ALA yang cukup tinggi. Zat ini tergolong asam lemak omega-3, dan dikenal mampu membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Penyakit jantung sendiri dikaitkan dengan kadar kolesterol tinggi.

Baca Juga:
Waspada Kolesterol Tinggi setelah Lebaran, Ini Cara Mengatasinya

Mengacu pada penelitian yang disampaikan pada sebuah situs kesehatan (halodoc.om), efek pencegahan penyakit jantung dari biji rami ini juga berdampak baik pada penurunan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh.

2. Bawang Putih

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa bawang putih bisa menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol, dan mencegah pengerasan dinding pembuluh darah. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda perlu mengkonsumsinya secara langsung.

guna menyamarkan rasanya, Anda bisa menggunakan suplemen bawang putih berupa kapsul atau tablet, dengan manfaat yang serupa.

3. Kacang Kedelai

Baca Juga:
Waspada Kolestrol Tinggi! Tips Atur Pola Makan Saat Hari Raya

Kacang kedelai, dan hampir semua olahannya, merupakan sumber protein yang rendah lemak. Bahan makanan ini dapat dijadikan pengganti makanan berlemak seperti daging sapi. Maka kadar kolesterol yang ada akan berkurang secara bertahap.

Baca :  Nasi Minyak Viral di TikTok, Dokter Bagikan Tips Aman Menyantapnya

Anda bisa membuat olahannya sendiri atau secara langsung membelinya di toko atau marketplace yang biasa Anda gunakan.

4. Beras Ragi Merah

Keempat adalah beras ragi merah. Bahan fermentasi yang satu ini mengandung zat monacolin K yang cukup tinggi. Zat ini identik dengan bahan aktif yang terkandung dalam obat penurun kolesterol, yakni lovastatin.

5. Jahe

Terakhir adalah jahe. Studi pada tahun 2014 lalu menunjukkan bahwa jahe dapat menurunkan kadar koelsterol dan trigliserida. Hal ini menjadi penguat penelitian yang dilakukan tahun 2008, yang menunjukkan bahwa jahe dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan meningkatkan kolesterol baik atau HDL.

Anda dapat menambahkan jahe mentah ke dalam makanan, atau meminum air rebusannya.

Cukup mudah ditemukan bukan obat alami penurun kolesterol ini? Maka dari itu, segera konsultasikan dengan dokter kepercayaan Anda, dan semoga kolesterol yang ada bisa terkendali!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Leave A Reply

Your email address will not be published.