Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Tanpa Olahraga, Aktivitas Harian di Rumah Bisa Bantu Turunkan Penyakit Jantung

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Buah belimbing yang dikenal dengan dama latin Averrhoa Carambola merupakan salah satu buah paling populer di Indonesia. Ternyata ada banyak ragam manfaat kesehatan buah belimbing yang jarang disadari.

Buah dengan kandungan air yang tinggi tersebut dipercaya mampu menurunkan berat badan, menurunkan risiko penyakit jantung dan juga penyakit stroke.

“Ini adalah buah yang renyah dan berair, dengan rasa yang ringan. Kulitnya seperti lilin, kuning atau hijau, dan dapat dimakan. Buahnya memiliki biji kecil berwarna gelap, dan memiliki rasa manis-asam,” ungkap Head Clinical Nutritionist dari Fortis Memorial Research Institute, Deepti Khatuja.

Selain itu, ada tujuh manfaat lain yang bisa ditemukan dari buah belimbing. Simak ulasannya yang dilansir dari Healtshots berikut ini.

Baca Juga:
Hits Health: Varian Omicron Tetap Bisa Sebabkan Kematian, Ringgo Agus Rahman Sukses Turunkan Berat Badan

Belimbing. (Shutterstock)
Belimbing. (Shutterstock)

1. Memiliki Sumber yang Baik
Belimbing mengandung banyak nutrisi, terutama serat dengan sekitar 60 persen selulosa, 27 persen hemiselulosa, dan 13 persen pektin.

Karena mengandung serat, buah ini memiliki efek yang menguntungkan pada homeostasis glukosa, terutama untuk keseimbangan insulin dan glukagon untuk mempertahankan glukosa darah. Selain itu, kandungan seratnya juga dapat mengatur sistem pencernaan untuk memperlancar buang air besar.

2. Menjaga Kolesterol Tetap Terkendali
Buah belimbing yang memiliki serat larut bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Kandungan tersebut bisa menghilangkan kolesterol jahat, serta menghilangkan molekul lemak dalam darah bagi penderita jantung.

3. Dapat Menurunkan Berat Badan
Selain memiliki serat yang rendah kalori dan juga nutrisi, belimbing merupakan buah yang ideal untuk menurunkan berat badan, terutama bagi orang yang sedang menjalankan program diet.

Tak hanya itu, buah ini juga dapat memberi rasa kenyang dalam waktu lama, serta meningkatkan metabolisme tubuh.

Baca :  CDC: Memberi Jarak 8 Minggu Antar Dosis Vaksin Covid-19 Menurunkan Risiko Miokarditis

Baca Juga:
Turun 8 Kg Dalam 2 Bulan, Ringgo Agus Rahman Takjub: Pencapaian Yang Tidak Disangka

4. Baik untuk Kesehatan Jantung
Belimbing yang memiliki serat larut dapat menghilangan molekul lemak dari darah, di mana ini dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular atau jantung.

Selain itu, belimbing juga kaya akan sodium, potasium, dan juga mineral. Ketiga sumber ini membantu mengatur tekanan darah Anda.

5. Mencegah Kerusakan Sel

Belimbing, Tanaman Obat yang Bisa Ditanam di Rumah. (Shutterstock)
Belimbing (Shutterstock)

Selain mengandung serat, buah belimbing juga memiliki sumber vitamin dan mineral yang baik. Selain itu, buah ini juga kaya akan antioksidan alami, seperti vitamin C, B-karoten, dan asam galat. Karena mengandung antioksidan, buah ini dapat membantu mencegah dari kerusakan sel.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Buah belimbing memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta vitamin C. Dari kombinasi ini, buah belimbing dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda agar tetap kuat dan juga sehat. Selain itu, belimbing juga kaya akan magnesium, zat besi, seng, mangan, kalium, dan fosfor.

7. Telah Digunakan Sebagai Pengobatan
Karena memiliki nilai gizi yang tinggi, belimbing biasanya digunakan dalam Ayurveda pada Pengobatan Tradisional China (TCM).

Buah ini juga mampu mengobati beberapa kondisi penyakit seseorang. Mulai dari demam, batuk, diare, sakit kepala kronis, gangguan kulit inflamasi, dan infeksi jamur kulit.

Leave A Reply

Your email address will not be published.