Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Bintang Serial AS 'The Hills' Heidi Montag Akui Suka Makan Daging Mentah, Padahal Sangat Berbahaya

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Belakangan cukup sering dibahas mengenai isu bahaya makan tiram mentah atau fresh oyster. Hal ini muncul karena pemberitaan pembukaan restoran terbuka yang menyajikan makanan ini secara langsung, dan diklaim sebagai tiram segar yang lezat dan bermutu.

Namun demikian, ternyata di balik kelezatan tiram yang dikonsumsi mentah, tersimpan berbagai potensi bahaya dan resiko kesehatan. Nah dalam artikel ini, Anda akan disajikan beberapa bahaya makan tiram mentah. Bukan untuk menakuti, namun untuk memberikan pengetahuan untuk kewaspadaan.

Bahaya Makan Tiram Mentah

Sebenarnya kandungan dari tiram sendiri cukup kaya nutrisi dan menyehatkan. Namun ketika dikonsumsi mentah, risiko kesehatan justru meningkat.

Baca Juga:
Masih Pakai Handuk Badan untuk Mengeringkan Wajah? Hentikan Sekarang Juga, Ini Sebabnya

  • Resiko kontaminasi bakteri, hal ini dapat membuat orang yang mengkonsumsi tiram keracunan dan mengalami gangguan kesehatan.
  • Resiko infeksi bakteri Vibrio Vulnificus dan Vibrio Parahaemolyticus, yang menimbulkan gejala keracunan berupa diare, muntah-muntah, dan demam.
  • Resiko infeksi parah dan memicu septikemia, paling parah hal ini bisa memicu kematian.
  • Tiram tidak dimasak mengandung merkuri, kadmium, dan timbal, yang masuk ke dalam daging tiram karena pencemaran air laut.

Sebenarnya secara langsung, tiram tidak memiliki kandungan racun atau zat berbahaya (kecuali yang hidup pada air laut yang sudah terkontaminasi). Namun bahaya akan datang saat tiram ini disajikan, atau disiapkan, dan terkena bakteri atau virus yang mencemarinya.

Ini mengapa banyak ahli kesehatan dan ilmu pengetahuan menyarankan untuk memasak tiram terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Mungkin rasanya tak akan sesegar ketika dikonsumsi langsung, namun cara ini terbilang lebih aman untuk kesehatan.

Ilustrasi Oyster atau Tiram. (Unsplash)
Ilustrasi Oyster atau Tiram. (Unsplash)

Cara Menghindari Risiko Keracunan

Tapi bagaimana dengan tiram yang dibudidayakan dan kebersihan airnya selalu dijaga? Meski dengan skenario seperti itu, risiko keracunan tetap akan ada. Jadi ada baiknya Anda juga tahu cara menghindari risiko keracunan saat mengkonsumsi tiram ini.

Baca :  Membersihkan Vagina Tidak Boleh Sembarangan, Terlebih Jika Melakukan Douche!

Jelas yang pertama adalah dengan memasak tiram terlebih dahulu. Meski kesegarannya akan sedikit berkurang karena sudah dimasak dan diberikan suhu tinggi, namun kelezatan dan manfaat baiknya akan tetap bertahan.

Baca Juga:
Makanan yang Harus Dihindari saat Hamil, Para Calon Ibu Wajib Tahu

Itu tadi, sedikit informasi terkait bahaya makan tiram mentah yang bisa kami bagikan. Semoga bisa jadi informasi yang berguna untuk Anda, dan semoga selalu berada dalam keadaan sehat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.