Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Waspada! Ini Penyebab dan Bahaya Malnutrisi Pada Pasien Kanker

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Belum juga reda pandemi Covid-19. Virus Japanese Encephalitis (JEV) telah terdeteksi pada babi di New South Wales, Queensland dan Victoria.

Chief Veterinary Officer Australia Dr Mark Schipp mengatakan JEV telah dikonfirmasi oleh diagnosis laboratorium di satu kandang babi di utara Victoria, enam kandang babi di NSW, dan di satu kandang babi di Queensland.

“Japanese Encephalitis adalah penyakit virus yang ditularkan nyamuk yang kebanyakan terjadi pada babi dan kuda, tetapi dapat menyebabkan penyakit pada manusia dan jarang pada hewan lain,” kata Dr Schipp seperti dikutip dari situs resmi Pemerintah Australia.

Ia menjelaskan bahwa hewan dan manusia terinfeksi melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi. Meski demikian virus itu dapat menular melalui makan daging babi atau produk babi. Penyakit ini tidak menular dari orang ke orang.

Baca Juga:
Hampir Semua RS di Makassar Kini Layani Pasien Covid-19 Karena Sudah Menjadi Hal Biasa

Ilustrasi babi (Unsplash/Pascal Debrunner)
Ilustrasi babi (Unsplash/Pascal Debrunner)

Penting untuk diketahui, ini adalah pertama kalinya virus terdeteksi di Australia selatan, dan otoritas biosekuriti bekerja dengan departemen kesehatan manusia mereka untuk memahami implikasi dan risiko paparan manusia.

“Departemen Kesehatan dan Departemen Pertanian, Air dan Lingkungan bekerja sama erat, bersama dengan mitra negara bagian dan teritori. Kami bertemu secara teratur dan bekerja sama untuk bekerja melalui langkah-langkah selanjutnya dari situasi ini,” kata Schipp.

Lebih lanjut, ia meminta siapa pun yang bekerja dengan babi atau kuda, bahkan jika mereka adalah hewan peliharaan di halaman belakang, untuk mengawasi dan melaporkan kemungkinan tanda-tanda penyakit ini.

“Gejala yang paling umum pada babi adalah mumi atau anak babi yang lahir mati, atau anak babi yang menunjukkan masalah neurologis dalam enam bulan pertama kehidupan. Penyakit ini cenderung asimtomatik pada babi dewasa, tetapi babi hutan dapat mengalami kemandulan dan testis tersumbat.

Baca :  Sesalkan Peleburan Eijkman, Siti Fadilah: Perang ke Depan Itu Perang Virus dan Biologi

“Kuda dapat mengalami berbagai gejala. Sementara sebagian besar kuda yang terinfeksi tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit, beberapa tanda JEV yang lebih parah pada kuda termasuk demam, penyakit kuning, lesu, anoreksia, dan tanda-tanda neurologis yang dapat bervariasi dalam tingkat keparahannya.

Baca Juga:
Longgarkan Perbatasan, Jepang Bakal Izinkan Lebih Banyak Siswa dan Pekerja Asing Masuk

“JEV adalah penyakit yang dapat dilaporkan secara nasional, yang berarti jika Anda mencurigai seekor hewan menunjukkan tanda-tanda penyakit, Anda harus melaporkannya (lihat detail kontak di bawah). Langkah-langkah juga harus diambil untuk melindungi hewan dari nyamuk – misalnya, menerapkan obat nyamuk yang aman dan meletakkan permadani musim panas di atas kuda.”

Leave A Reply

Your email address will not be published.