Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Update Covid-19 Global: Prancis dan Italia Mulai Cabut Aturan Pakai Masker

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Tentu saja di antara kalian pasti pernah mengalami sejumlah permasalahan kulit wajah seperti salah satunya bruntusan.

Niat hati hendak mengatasi bruntusan dengan produk kecantikan, namun yang terjadi kulit malah jadi tak karuan.

Ternyata, tidak cocoknya dengan pemakaian produk bisa menyebabkan breakout. Atau bisa jadi Anda sedang mengalami purging atau proses pembersihan kulit.

Agar tak keliru, yuk simak dan pahami perbedaan breakout dan purging dari Yukepo—Jaringan Cariberita.co.id berikut di bawah ini.

Baca Juga:
5 Rekomendasi Serum Wajah Lokal untuk Mencerahkan, Mengandung Niacinamide

1. Perbedaan breakout dan purging

Meski efeknya kadang terlihat mirip, tapi sebenarnya purging dan breakout sangat berbeda. Purging adalah bentuk proses pembersihan kulit dari kotoran yang menumpuk. Tapi biasanya setelah pembersihan akan ada proses perbaikan dengan membentuk sel kulit baru yang lebih sehat.

Sedangkan breakout adalah kondisi kulit yang memburuk karena tidak cocok dengan produk tertentu. Kalau sudah kayak gini, kulit baru bisa membaik jika berhenti menggunakan produk tersebut.

2. Ada zat aktif pada produk yang memicu bruntusan

Biasanya kamu akan mengalami purging jika menggunakan skincare dengan kandungan bahan aktif seperti AHA, BHA, retinoids, dan vitamin C. Zat-zat ini memang biasanya berfungsi untuk melakukan pembersihan kulit. Sehingga terkadang muncul efek tidak cocok seperti beruntusan dan jerawat.

Baca Juga:
Selfie dengan Krisdayanti, Mata Baby Ameena Jadi Sorotan: Cantik Luar Biasa

Kalau kulitmu mengalami breakout, biasanya ini disebabkan oleh kandungan tertentu yang bersifat menyumbat pori-pori. Bisa juga hal ini terjadi jika kamu memang memiliki alergi khusus dengan zat tersebut.

3. Berbedanya jerawat yang timbul di wajah

Saat kamu mengalami purging, beruntusan terjadi di tempat biasanya jerawat itu muncul. Tapi porsinya lebih banyak dan agak parah. Karena memang fungsinya memang sebagai pembersihan kulit.

Baca :  Studi Korea Selatan: Risiko Pasien Varian Omicron Sebabkan Kematian 75 Persen Lebih Rendah daripada Varian Delta

Namun jika kamu mengalami breakout, jerawat itu akan timbul di tempat yang bahkan biasanya tidak pernah muncul jerawat.

4. Jangka waktu terjadinya bruntusan dan jerawat

Purging tidak akan berlangsung selamanya. Biasanya hanya 2-6 mingguan. Hal ini tergantung dari bagaimana reaksi kulit terhadap zat aktif tersebut.

Sedangkan breakout baru akan berhenti saat kamu tidak menggunakan produk itu lagi. Jadi saat udah tahu kalau breakout, sebaiknya langsung hentikan pemakaian agar tidak semakin parah. Karena jika dipakai terus menerus hingga lebih dari 3 bulan, maka efeknya semakin parah.

5. Yang harus dilakukan ketika menyadari terjadinya purging atau breakout

Jika sudah yakin kalau ini adalah purging, tetaplah memakai produk tersebut hingga prosesnya selesai. Dijamin kulit wajahmu akan lebih sehat dan mulus. Karena kotoran terangkat dan sel kulit baru sudah terbentuk.

Sebaliknya, saat kamu menyadari ini breakout, berhentilah saat itu juga sebelum makin parah.

Sekarang udah tahu kan apa perbedaan purging dan breakout? Kalau udah tahu pengertian dasarnya, kamu bisa tahu bagaimana mengatasi keadaan ini. Jadi kulit bisa menjadi lebih baik deh.

Leave A Reply

Your email address will not be published.