Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Kabar Baik! Kemenkes Sebut 15 Provinsi Alami Tren Penurunan Kasus Covid-19, Daerah Kamu Sudah Landai?

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Seorang anak berinisial A (7) dinyatakan meninggal dunia pada Senin (2/10/2023) usai didiagnosa mati batang otak setelah menjalani operasi amandel di RS Kartika Husada, Kota Bekasi. Apakah mati batang otak bisa sembuh?

Kabar duka itu disampaikan langsung oleh orang tua A, Alber Francis. Ia mengatakan putra keduanya itu menghembuskan nafas terakhirnya pada Senin sekitar pukul 18.45 WIB.

Awalnya A menjalani operasi amandel pada 19 September 2023. Setelah operasi selesai, A tak kunjung sadarkan diri hingga akhirnya dokter mendiagnosa A mengalami mati batang otak.

Sebenarnya apa itu mati batang otak? Apakah mati batang otak bisa sembuh? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga:RS Kartika Husada Jatiasih Klarifikasi Soal Tuntut Balik Keluarga Alvaro Darren: Kami Punya Hak yang Sama

Apa Itu Mati Batang Otak?

Mati batang otak adalah suatu kondisi di mana batang otak kehilangan kemampuannya untuk berfungsi.Batang otak sendiri merupakan komponen penting dalam otak manusia. Tanpa batang otak yang berfungsi dengan baik, seseorang tidak mampu mempertahankan kesadaran dan juga akan kesulitan bernapas tanpa bantuan alat medis.

Batang otak memiliki peran krusial dalam sistem saraf kita. Berdasarkan data dari NHS, batang otak bertanggung jawab atas sejumlah proses vital tubuh yang berlangsung otomatis dan sangat diperlukan untuk keberlangsungan hidup.

Beberapa fungsi utama batang otak meliputi pengiriman informasi antara otak dan seluruh tubuh, serta peranan penting dalam kesadaran, kesiagaan, dan mobilitas.

Kegagalan batang otak menyebabkan terputusnya komunikasi antara otak dan tubuh mengakibatkan ketidakmampuan seseorang dalam mengendalikan fungsi-fungsi tubuh yang tidak disadari.

Baca Juga:Breaking News! RS Kartika Husada Jatiasih Bakal Tuntut Balik Keluarga Alvaro Darren

Baca :  Sleman Hingga Bekasi Dapat Penghargaan Kota Layak Anak, Tapi Kok Masih Ada Iklan Rokok Dekat Sekolah?

Apakah Mati Batang Otak Bisa Sembuh?

Pertanyaan utamanya adalah: apakah ada kesempatan untuk pulih dari kondisi mati batang otak? Menurut informasi dari Great Ormond Street Hospital, jawabannya adalah tidak. Seseorang yang mengalami kegagalan fungsi batang otak dianggap tidak memiliki peluang untuk sembuh.

Bahkan, di beberapa negara, kondisi ini diakui sebagai salah satu kriteria kematian yang menandai berakhirnya sistem pernapasan dan sirkulasi seseorang.

Kondisi mati batang otak dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kegagalan fungsi jantung, serangan jantung, stroke, pembentukan gumpalan darah, atau bahkan cedera kepala yang parah. Faktor-faktor lain seperti pendarahan di otak, infeksi, atau tumor juga dapat menyebabkan kerusakan pada batang otak.

Itulah penjelasan mengenai apa itu mati batang otak dan apakah mati batang otak bisa sembuh.

Leave A Reply

Your email address will not be published.