Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Studi Lagi-lagi Buktikan Main Medsos Berlebih Berisiko Idap Kanker dan Sakit Jantung!

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Seringkali kita lihat pada anak-anak area sekitar ketiak, leher tiba-tiba menjadi gelap atau menghitam. Saat melihat hal ini, biasanya yang tergambar di pikiran orang tua yaitu cara mandi anak kurang bersih.

Akibatnya, area sekitar leher maupun ketiak menjadi hitam atau dipenuhi dengan daki. Namun, rupanya area hitam pada leher dan ketiak ini rupanya bisa menjadi salah satu dari gejala diabetes pada anak.

Executive Director of International Pediatric Association, Prof. Aman B. Pulungan, MD, Ph.D, Sp.A(K), FAAP, FRCPI (Hon.) mengatakan, leher dan ketiak yang menghitam atau akantosis nigrikans bisa menjadi tanda kalau anak tersebut alami diabetes.

Oleh karena itu, ketika bagian leher dan ketiak menghitam orang tua bisa langsung segera melakukan cek gula darah pada anaknya. Hal itu dapat segera mengetahui apakah hitamnya leher dan ketiak itu disebabkan oleh diabetes atau bukan.

Baca Juga:
Tips Aman Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

Ilustrasi diabetes (Pexels/Nataliya Vaitkevich)
Ilustrasi diabetes (Pexels/Nataliya Vaitkevich)

“Kalau ada anak leher dan ketiak hitam, harus cek gula darah pastikan anak tidak diabetes. Diharapkan cek minimal 1 tahun atau kalau bisa 6 bulan sekali. Soalnya hampir 75 persen anak dengan leher dan ketiak hitam, itu diabetes,” ungkap Prof. Aman dalam acara media workshop ‘Cegah Diabetes Prematur pada Anak dan Remaja’ bersama Prodia, Selasa (28/3/2023).

Meski demikian, bukan berarti kondisi anak yang memiliki leher atau ketiak hitam alami diabetes. Hal ini karena, gejala ini hanya terjadi pada anak yang alami obesitas atau berat badan berlebih. Kondisi tersebut membuat tubuhnya mengalami resistensi insulin dan menyebabkan area ketiak dan leher menghitam.

Sementara itu, jika anak yang mengalami leher atau ketiaknya menghitam, ini bisa didasari karena adanya masalah hormon pada tubuhnya.

Baca :  Tiga Pria dengan Cedera Tulang Belakang Akhirnya Bisa Berjalan Lagi Setelah Implan Elektroda

“(kalau kurus) bisa jadi dia ada masalah hormon, tapi kalau anak gemuk dengan akantosis nigrikans, ini dia bisa jadi insulin resistance yang kemungkinan alami diabetes melitus tipe 2,” jelas Prof. Aman.

Perlu diketahui, ketika mengalami diabetes, biasanya penderita juga bisa alami gejala-gejala lainnya seperti banyak makan, minum, buang air kecil, berat badan menurun, hingga kondisi yang lemas.

Baca Juga:
Bahaya Buka Puasa Berlebihan, Makan Sehat untuk Kesehatan Tubuh

“Tanda diabetes itu banyak makan, banyak minum, banyak kencing, berat badan turun, dan lemas loyo. Satu lagi, yang tadinya anak itu tidak mengompol, bisa ngompol lagi,” pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.