Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Dikira Migrain, Ternyata Bocah 6 Tahun Ini Derita Tumor Otak Ganas

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Treadmill adalah salah satu alat favorit bagi pegiat olahraga. Karena aktivitas ini cukup mudah untuk digunakan selama berjam-jam di rumah. Tapi sebenarnya, berapa sih durasi latihan terbaik memakai treadmill untuk pemula?

Untuk mengetahuinya, berikut beberapa panduan yang bisa Anda ikuti di rumah jika ingin melakukan olahraga dengan treadmill. 

1. Lakukan adaptasi terlebih dahulu

Saat memulai olahraga satu ini, ada baiknya untuk membiasakan diri terlebih dahulu dengan penggunaan treadmill. Jadi, jangan memaksakan diri untuk langsung berlatih selama berjam-jam ketika menggunakan alat ini pertama kali. Pastikan tubuh sudah beradaptasi dan terbiasa dengan treadmill.

Baca Juga:Turnamen Olahraga Selebriti Indonesia Streaming Dimana? Cek Jadwal dan Link Nonton

2. Durasi awal sekitar 15-20 menit

Anda bisa memulainya dengan berjalan pada kecepatan lambat lalu naikkan kecepatan secara perlahan. Jika sudah terbiasa, Anda bisa menambahkan kecepatan sampai ke tahap di mana Anda harus berlari. Sebagai pemula, rekomendasi durasi yang tepat adalah sekitar 15-20 menit dan dilakukan 3 kali seminggu.

Kemudian, Anda bisa meningkatkan durasi menjadi 30 menit, 45 menit atau bahkan sampai 60 menit per hari. Setelah latihan jangan lupa untuk melakukan pendinginan selama 10 menit. 

3. Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit

Sebelum berlatih pastikan kondisi badan dalam keadaan yang fit. Jika sedang merasa tidak enak badan, sebaiknya tetap berjalan santai untuk tetap berkeringat. Atau fokus untuk beristirahat agar badan lebih cepat sembuh adalah opsi terbaik.

Baca Juga:Prawira Harum Bandung Jadi Jawara IBL 2023

4. Perhatikan interval

Selain durasi, interval dalam penggunaan treadmill juga harus diperhatikan. Lakukan kombinasi latihan berjalan, berlari kecil, dan berlari cepat. Kombinasi ini diulang denga durasi waktu tertentu. 

Baca :  Dibandingkan Orang yang Sering Makan Daging Merah, Vegetarian Berisiko Kecil Terkena Kanker

Anda bisa menggunakan pola latihan piramid. Maksudnya, mulailah latihan ringan dengan durasi lama, setelah itu latihan intensitas sedang dengan durasi sedang, dan latihan intensitas tinggi dengan durasi singkat. 

Contohnya, berjalan 10 menit, lari kecil 7 menit, dan lari cepat 3 menit. Kingsmith Walkingpad R1 PRO memiliki fitur yang memudahkan anda memantau interval. Karena treadmill ini sudah dilengkapi dengan konektivitas smartphone. Sehingga Anda bisa memantau progres latihan anda dengan mudah melalui ponsel. 

5. Jangan lupa untuk mengatur nafas

Olah nafas juga penting dalam berolahraga. Caranya adalah mengambil nafas dari hidung, lalu hembuskan perlahan lewat mulut. Lakukan secara terus menerus selama latihan.

6. Kalori yang terbakar

Kalori yang terbakar dengan treadmill selama 30 menit tergantung dengan berat badan dan intensitas yang dilakukan dalam 30 menit tersebut. Pada berat badan 65-70kg dengan intensitas lari sebesar 6-7km per jam bisa membakar kaori sekitar 200-250kkal per 30 menit.

Fitur-fitur pendukung Kingsmith Walkingpad R1 PRO juga bisa menjadi adalah solusi terbaik untuk semakin mempermudah anda ketika latihan treadmill di rumah. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.