Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Susah Tambah Berat Badan, Coba Lakukan 4 Langkah Efektif yang Lebih Sehat Ini!

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Baru-baru ini, ramai diperbincangkan di media social mengenai pria obesitas dengan bobot 260 Kg bernama Muhammad Fajri yang berasal dari Tangerang. Pada Hari Kamis (22/6/2023, Fajri dikabarkan meninggal dunia.

Fajri sebelumnya menjalani perawatan di RSCM Jakarta. Ia pun sempat kritis karena rendanhnya saturasi oksigen. Lantas, seperti apa sebenarnya bahaya obesitas? 

Diketahui, obesitas sendiri merupakan kondisi seseorang yang menderita distribusi lemak tak sehat atau berbahaya pada tubuh. Kondisi ini meningkatkan risiko beragam komplikasi kesehatan tubuh yang serius.

Pasalnya, tubuh yang kelebihan lemak dapat memicu tekanan pada organ dan tulang, perubahan hormon, metabolisme kompleks, dan meningkatkan peradangan tubuh. Selain itu, bahaya obesitas juga memicu sederet risiko kesehatan lainnya yang berbahaya seperti berikut ini.

Baca Juga:
Dramatis! Tim Rescue Bantu Prosesi Pemakaman Muhammad Fajri Pasien Obesitas 300 di TPU Menteng Pulo

1. Jantung dan Stroke

Obesitas menjadi faktor utama berkembangnya penyakit jantung serta masalah kardiovaskular lainnya. Tubuh yang kelebihan lemak menyebabkan tekanan darah meningkat,  kadar LDL (kolesterol jahat) meningkat, dan menurunnya kadar HDL (kolesterol baik).

Selain itu, obesitas juga memicu kerusakan dinding pembuluh darah. Itu artinya, dengan kondisi tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit stroke, jantung, arteri koroner, dan lainnya.

2. Diabetes Tipe 2

Obesitas juga berkaitan erat dengan penyakit diabetes tipe 2. Kelebihan lemak dalam tubuh dapat mengganggu kerja insulin dan mengganggu hormon dalam mengatur gula darah.

Baca Juga:
Fajri Pria 300 Kg Meninggal, Apakah Obesitas Menyebabkan Kematian?

Hal inipun menyebabkan terjadinya resistensi insulin yang akhirnya memicu diabetes tipe. Ini dapat memengaruhi kemampuan tubuh dalam mengendalikan dengan benar kadar gula darah, sehingga menyebabkan komplikasi kesehatan serius seperti gangguan saraf, kerusakan organ, dan masalah mata.

Baca :  Belajar dari Kasus Fajri Obesitas 300 Kg, Dokter Ingatkan Berobat Kegemukan Ekstrem Bisa Pakai BPJS Kesehatan

3. Masalah Pernapasan

Bahaya lainnya dari kondisi obesitas atau berat badan berlebih yaitu adanya tekanan berlebihan dan kuat pada sistem pernapasan. Obesitas ini meningkatkan risiko sleep apnea, yang mana kondisi ini menyebabkan pernapasan terganggu saat tidur.

Bukan hanya itu, obesitas juga menyebabkan meningkatnya risiko penyakit asma, penyakit paru obstruktif kronis, dan kesulitan dalam bernapas.

4.  Penyakit Hati dan Sindrom Metabolik

Obesitas atau kelebihan lemak juga menyebabkan adanya penumpukan lemak dalam hati. Hal ini pun membuat penyakit hati berkembang menjadi NAFLD, yakni kondisi kesehatan seriys yang menyebabkan kerusakan hati.

Selain itu, obesitas juga dapat memicu sindrom metabolik, yakni komplikasi dari berbagai kondisi kesehatan serius seperti obesitas, penyakit kardiovaskular, tekanan darah tinggi, dan kadar kolesterol yang tak sehat.

Demikian ulasan mengenai bahaya obesitas pada kesehatan tubuh yang penting untuk diketahui. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menjaga berat badan agar tidak terlalu berlebihan. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Leave A Reply

Your email address will not be published.