Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Inilah Lamanya Masa Tunggu hingga Akhirnya Bisa Berhubungan Seks Lagi setelah Melahirkan

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Susu kerap dianggap sebagai sumber kalsium untuk kesehatan tulang. Kalsium memang menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk membangun kepadatan tulang jadi optimal. Tapi, perlu seberapa banyak memangnya seseorang minum susu agar kadar kalsium untuk tulang sehat terpenuhi?

Nyatanya, mengandalkan susu saja untuk kesehatan tulang sebenarnya tidak cukup. Dokter spesialis ortopedi dr. Yoshi Pratama, Sp.OT (K)., mengatakan bahwa satu gelas susu per hari saja sebenarnya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium untuk tulang. 

Akan tetapi, minum susu per hari juga jangan sampai terlalu banyak karena ada risiko kegemukan akibat kandungan lemak yang ada di dalamnya juga. Itu sebabnya, dia berpesan untuk konsumsi makanan lain yang juga mengandung kalsium.

Ilustrasi susu (freepik)
Ilustrasi susu (freepik)

“Semua orang bilangnya susu aja minumnya karena hubungannya dengan kalsium, tapi tidak harus minum sehari lima gelas juga. Karena kalau terlalu banyak juga yang ada malah jadi gemuk karena berlebihan,” kata dr Yoshi dalam temu media dengan Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Jakarta, Senin (30/10/2023).

Selain itu, lanjutnya, biaa juga dengan mengonsumsi suplemen kalsium juga vitamin D yang berguna untuk kesehatan tulang. Dia menjelaskan bahwa kebutuhan kalsium per hari bagi orang dewasa sebanyak 1000 mg, sedangkan per satu gelas susu kadar kalsiumnya hanya sekitar 200 mg.

“Jadi daripada harus minum lima gelas susu setiap hari dan berat badan naik, ya kita bisa coba suplemen aja,” sarannya.

Bisa pula dengan mengandalkan makanan yang menjadi sumber kalsium. Akan tetapi, perlu diperhatikan pula proses pemasakannya agar nutrisinya tidak berkurang banyak. 

Dikutip dari Alodokter, berikut contoh makanan yang mengandung kalsium:

1. Yogurt

Semua jenis yogurt, terutama yang rendah lemak, merupakan sumber kalsium yang baik bagi tubuh. Dalam 1 cangkir atau setara 250 gram yoghurt, mengandung kurang lebih 260 mg kalsium. Jumlah tersebut sudah dapat memenuhi sekitar 25 persen kebutuhan kalsium harian orang dewasa.

Baca :  Dokter Spesialis Soroti Cara Ibu Ida Dayak Obati Pasien, Malah Sebabkan Saraf Rusak?

2. Keju

Hampir semua jenis keju merupakan jenis makanan berkalsium tinggi. Namun, dibandingkan dengan keju lainnya, kandungan kalsium pada keju parmesan umumnya lebih tinggi. Dalam 30 gram keju parmesan, terdapat sekitar 330 mg kalsium atau setara dengan 33 persen asupan kalsium harian yang disarankan bagi orang dewasa.

3. Sayuran hijau

Bayam, lobak, sawi hijau, brokoli, dan bok choy merupakan sayuran hijau yang mengandung banyak kalsium. Misalnya, dalam 1 cangkir bayam yang dimasak mengandung 268 kalsium atau sekitar 21 persen dari jumlah kebutuhan kalsium harian.

Leave A Reply

Your email address will not be published.