Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Pekerja Sering Duduk Tanpa Aktivitas Lain Berisiko Alami Sarkopenia DI Usia Dini, Apa Itu?

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Ada banyak jenis diet untuk menurunkan berat badan. Salah satunya diet indeks glikemik atau diet GI rendah yang dinilai ahli nutrisi cukup ampuh untuk menurunkan berat badan secara cepat. Memang gimana sih caranya?

Dijelaskan Nutrition Advisory Board (NAB) Herbalife, dr. Rimbawan diet GI rendah jadi salah satu alternatif yang mempertimbangkan beban glikemik rendah yang ada di tubuh.

Indeks glikemik (IG) adalah indikator cepat atau lambatnya unsur karbohidrat dalam bahan pangan dalam meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

“Ini artinya diet ini tidak hanya nilai GI yang kita pertimbangkan, tetapi juga jumlah karbohidrat yang kita konsumsi juga penting,” ujar dr. Rimbawan dalam rilis peluncuran Healthy Active Lifestyle (HAL) Challenge 2023, yang diterima suara.com, Sabtu (5/8/2023).

Baca Juga:Jalani Operasi Bariatrik, Intip 5 Potret Terbaru Jennifer Dunn yang Kini Makin Langsing

Ilustrasi diet (Pexels/Ketut Subiyanto)
Ilustrasi diet (Pexels/Ketut Subiyanto)

Diet ini dinilai efektif berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap lelaki China yang menjalani diet GI rendah dan yang diet GI tinggi. Riset ini dilakukan dengan cara memantau glukosa terus menerus saat malam hari saat tidak makan.

“Hasil penelitian menunjukan bahwa indeks glikemik pangan memainkan peran penting dalam mengontrol nafsu makan,” jelas dr. Rimbawan.

Manfaat Diet GI rendah

Sederet manfaat yang akan dirasakan pelaku diet ini, akan lebih mampu menunda rasa lapar dan tetap kenyang lebih lama. Ada juga konsumsi makanan GI rendah bisa meningkatkan respons glikemik di siang hari.

“Makan pada porsi yang lebih kecil tetapi lebih sering di pagi hari (intermakan), dengan jumlah kalori total yang sama dengan jumlah kalori makanan yang pernah dikonsumsi, meningkatkan respons glikemik dan mengurangi nafsu makan untuk makan siang di siang hari,” jelas dr. Rimbawan.

Baca :  Susah Tambah Berat Badan, Coba Lakukan 4 Langkah Efektif yang Lebih Sehat Ini!

Baca Juga:Mpok Alpa Jalani Diet Ketat, Sultan Andara Raffi Ahmad Ikut Turun Tangan

Selain itu, Senior Director and General Manager Herbalife Indonesia, Andam Dewi juga mengingatkan pentingnya komunitas atau lingkungan sekitar mendukung upaya penurunan berat badan pada seseorang, agar tetap konsisten menerapkan pola hidup sehat yang dijalaninya.

Ilustrasi makanan untuk diet GI rendah. (Freepik/jcomp)
Ilustrasi makanan untuk diet GI rendah. (Freepik/jcomp)

“Dukungan dari kelompok atau komunitas ini juga membantu memastikan kesuksesan para member Herbalife yang menghubungkan dengan komunitas atau coach untuk menyusun rencana personal dan memberikan edukasi mengenai praktik terbaik dalam nutrisi, dengan memberikan bimbingan dan memotivasi untuk mencapai tujuan kesehatan dan kesejahteraan mereka,” timpal Andam.

Cara Melakukan Diet GI Rendah

Melansir situs resmi Kementerian Kesehatan, umumnya diet GI rendah ini wajib diterapkan pada pengidap diabetes, tapi program penurunan berat badan ini bisa diterapkan oleh siapapun dengan cara sederhana.

Berikut ini cara diet GI rendah menurut Joyce Hendley, dalam bukunya The EatingWell Diabetes Cookbook:

1. Makan Potongan Besar

Makanan dengan potongan besar membutuhkan waktu lebih lama untuk dilumatkan dan diserap tubuh. Makanan ini bergerak perlahan menuju pencernaan. Jadi, semakin utuh makanan dan sedikitnya makanan diolah, semakin rendah indeks glikemiknya.

2. Makanan Kaya Serat

Makanan kaya serat seperti kacang-kacangan, buah kering, sereal kaya serat, pasta, dan roti memiliki indeks glikemik rendah. Jadi, tambahkan porsi dari jenis makanan ini dalam pola makan harian.

3. Konsumsi Protein Agar Seimbang

Jika makanan banyak mengandung protein, perut akan kosong secara perlahan. Jadi, pastikan selalu ada tambahan protein pada makanan utama, demikian juga juga makanan selingan. Cara paling sederhana, oleskan selai kacang pada roti yang bisa menurunkan indeks glikemik.

Baca :  Lagi Musim Hujan, Ini 3 Cara Agar Terhindar dari DBD yang Mengancam Nyawa

4. Pilih lemak sehat

Kandungan lemak sehat bisa menurunkan kadar glikemik pada makanan, selain juga bisa membuat cepat kenyang. Pilih lemak sehat seperti yang terdapat dalam minyak sayur atau kacang-kacangan

Leave A Reply

Your email address will not be published.