Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  CDC: Belum Ada Bukti Sub-varian Omicron Lebih Buruk dari Varian Omicron

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Merebaknya varian Omicron di sejumlah wilayah di Indonesia membuat epidemiolog kembali mengingatkan pentingnya melakukan protokol kesehatan dan vaksinasi.

Menurut epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman, dua hal tersebut masih menjadi kunci utama pencegahan infeksi virus Corona, termasuk varian Omicron.

“Meningkatkan imunitas sebagai upaya mencegah penularan COVID-19, termasuk omicron. Kita masih bisa mengandalkan dari vaksinasi, tapi harus disertai dengan 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan),” ujar Dicky Budiman kepada ANTARA di Jakarta.

Ia mengatakan, setidaknya saat ini dunia telah melacak empat subvarian omicron, yakni BA.1, BA.1.1, BA.2, dan BA.3. Dari empat versi itu, subvarian BA.2 yang lebih menular daripada BA.1.

Baca Juga:
Banyak Nakes Terpapar Covid-19, Percepatan Vaksinasi di Kota Yogyakarta Terhambat

Ilustrasi Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Balita. (Elements Envato)
Ilustrasi Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Balita. (Elements Envato)

Selain vaksinasi, Dicky juga mengatakan pengetatan pintu masuk negara hingga pengetatan antarwilayah di dalam negeri juga penting dilakukan untuk mempersempit ruang gerak virus agar tidak menyebar.

“Untuk mencegah setiap apapun itu varian COVID-19, prinsipnya sama, yakni menerapkan pengetatan pintu masuk negara hingga antarwilayah. Kita harus bisa mempersempit ruang virus agar tidak menyebar,” kata Dicky yang juga peneliti Global Health Security di Center for Environment and Population Health, Griffith University, Australia, itu.

Selain itu, lanjut dia, untuk mencegah penyebaran varian-varian COVID-19, termasuk omicron, juga harus dapat meningkatkan sistem pengawasan genomik atau genomic surveillance.

“Kalau bicara varian harus ada genomic surveillance yang memadai,” ucapnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyampaikan pasien yang memiliki komorbiditas dan belum mendapat vaksinasi lengkap adalah korban terbesar dari COVID-19.

Baca Juga:
Lonjakan Kasus Varian Omicron, Perlukah Vaksin Covid-19 Dosis Keempat?

Baca :  Kembali Ngetren, Dokter Kulit Sarankan Hal Ini Setelah Lakukan Sulam Bibir agar Tidak Infeksi

Ia mengatakan, pemerintah terus berjuang keras untuk mencegah lebih banyak lagi korban yang terjadi, salah satunya dengan mendorong vaksinasi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.