Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Ilmuwan Berhasil Menemukan Tempat Persembunyian Virus Ebola yang Dapat Memicu Kekambuhan Infeksi

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Otoritas Hong Kong mengatakan telah menemukan virus corona pada sampel yang diambil dari kemasan daging beku impor asal Brazil dan kulit babi beku asal Polandia, dan berjanji akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap makanan impor yang masuk ke negaranya.

Hong Kong menggunakan strategi “nol-Covid dinamis” yang sama dengan China daratan, yang bertujuan untuk membasmi wabah apapun dengan cara apapun. Otoritas setempat saat ini dalam status siaga tinggi, sebab gelombang baru infeksi terbukti lebih sulit dikendalikan.

Di Hong Kong, jumlah kasus harian tahun ini melonjak tajam, menyentuh rekor 7.533 kasus pada Senin (21/2), sehingga membebani kapasitas pengujian, rumah sakit, dan karantina pemerintah.

Pusat Keamanan Makanan (CFS) mengambil 36 sampel dari pengiriman sekitar 1.100 karton daging beku untuk diuji. Berat totalnya mencapai 29 ton dan diimpor dari Brazil melalui jalur laut. Virus corona ditemukan pada sampel satu kemasan luar dan dua kemasan dalam makanan beku tersebut.

Baca Juga:
Terungkap! Ternyata Ini yang Merawat Ratu Elizabeth Selama Positif Covid-19

Otoritas juga mengumpulkan 12 sampel dari pengiriman sekitar 300 karton kulit babi beku dengan berat sekitar 7 ton dan diimpor dari Polandia via jalur laut. Satu kemasan luar terbukti positif COVID.

“CSF memerintahkan para importir terkait agar memusnahkan daging dan kulit babi dari pengiriman serupa,” kata pemerintah melalui sebuah pernyataan, Senin (21/2/2022), dilanisr dari Reuters.

“Selain itu, CFS akan menambah pengambil sampel dari produk serupa untuk diuji.”

Hong Kong mengawasi keberadaan virus corona pada makanan beku impor sejak pertengahan 2020, dan menemukan sampel positif pada kemasan ikan bawal di bulan Agustus 2021 dan kemasan sotong pada November 2021.

Baca :  Peneliti Israel: Kemungkinan Kita Tidak Perlu Vaksin Covid-19 Dosis Keempat

Otoritas setempat menyebutkan bahwa Covid-19 sebagian besar ditularkan melalui tetesan dan tidak dapat berkembang biak pada makanan atau kemasan makanan, dan tidak mungkin dapat ditularkan ke manusia melalui makanan yang dikonsumsi.

Baca Juga:
Australia Sambut Kembali Pelancong Internasional: Belajar Hidup dengan Virus

Namun demikian, pihaknya mengimbau masyarakat agar mengolah makanan mentah secara terpisah, memperhatikan aturan kebersihan, serta memasak makanan hingga keseluruhannya matang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.