Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Bolehkah Perempuan Hamil Konsumsi Parasetamol? Ini Panduan yang Tepat

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Siapa sangka Ibu Oki Setiana Dewi dan Ria Ricis, Yunifah Lismawati sempat mengalami koma saat berada di Mekkah. Bahkan ia terancam harus menjalani trakeostomi. 

Fakta ini dibagikan langsung Oki Setiana Dewi di akun instagram pribadinya, Minggu 16 Juni 2023. Ia menceritakan bahwa ibunya, Yuni sudah 11 hari dirawat di ICU terhitung sejak 5 Juli 2023.

Mirisnya, kata perempuan yang juga ustazah itu, ibunya sudah mengalami henti napas selama 7 menit hingga mengalami koma.

“Hari-hari yang tak mudah bagi ibu dan kami dalam melaluinya. Dokter mengatakan kasus ibu sangat sulit karena sudah berhenti nafas 7 menit, beliau koma, ditambah tulang dada yg retak karena CPR (resusitasi jantung). Tak ada cara lain untuk membantu ibu mudah bernafas selain dilakukan tindakan trakeostomi,” ujar Oki dalam unggahan di Instagram pribadinya, dilihat suara.com, Selasa (18/7/2023).

Baca Juga:Ria Ricis Blak-Blakan Akui Akan Lakukan Operasi Plastik di Hidung, Ini Penyebabnya

Menurut Oki alat ini harus terus dipasang, jika sang ibunda tidak bisa bertahan dengan kondisinya. Bahkan kakak Ria Ricis itu mengaku tidak kuasa jika terjadi sesuatu hal yang buruk pada ibunya.

Sampai akhirnya ibu empat anak itu, meminta dan memohon kepada Allah SWT secara langsung di depan Kabah dan di Tanah Suci, Mekkah.

“Setelah berhari-hari diri yang lemah ini menangis depan Ka’bah dan meminta penuh kepadaNya akan sebuah keajaiban, serta meminta doa dari seluruh sahabat,” jelas Oki.

Kini Oki bersyukur ibunya terbebas dari tindakan trakeostomi, karena alat bantu napas berupa ventilator dilepas. Hingga akhirnya ibu yang melahirkan dirinya dan dua adiknya itu diperbolehkan pulang.

“Kemarin tiba-tiba dokter melepas ventilator ibu, tindakan trakeostomi tak jadi dilakukan. Seseorang meminta saya untuk melakukan sujud syukur atas kebaikkan Allah ini,” tutup perempuan yang dengan gelar doktor tersebut.

Baca :  Cerita Oki Setiana Dewi Tentang Terapi Stem Cell Untuk Anaknya yang Idap Penyakit Langka Sindrom Prader Willi

Baca Juga:Ria Ricis Pilih Operasi Plastik karena Hidung Bengkok, Emang Risiko Efek Sampingnya Apa Aja?

Lantas apa itu Trakeostomi?

Melansir Hello Sehat, trakeostomi atau tracheostomy adalah lubang yang dibuat oleh ahli bedah, melalui bagian depan leher dan masuk hingga tenggorokan atau trakea.

Sebuah tabung trakeostomi ditempatkan ke dalam lubang tersebut agar tetap terbuka untuk bernapas. Istilah prosedur pembedahan untuk membuat lubang ini disebut trakeotomi.
 
Sehingga trakeostomi adalah sebuah saluran udara yang sengaja dibuat untuk membantu proses pernapasan ketika jalan napas pasien tersumbat atau terganggu.
 
Tapi setelah saluran ini tidak lagi diperlukan, lubang akan dibiarkan sembuh atau ditutup dengan prosedur bedah. Namun, bagi sebagian orang, prosedur ini dapat bersifat permanen.

Trakeostomi sering diperlukan ketika seseorang dengan gangguan kesehatan membutuhkan ventilator jangka panjang untuk membantunya bernapas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.