Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Pasien Penerima Cangkok Jantung Babi Pertama di Dunia Wafat

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Para ilmuwan menemukan spesies baru stegosaurus paling kuno dari kelompok dinosaurus herbivora di Asia dan disebut sebagai fosil stegosaurus tertua di dunia.

Spesies yang diberi nama Bashanosaurus primitivus ini hidup sekitar 168 juta tahun yang lalu dan fosil barunya menjelaskan lebih lanjut tentang asal-usul serta evolusi stegosaurus.

Stegosaurus yang relatif kecil berukuran sekitar 2,9 meter, tetapi para ilmuwan mengatakan tidak yakin dengan usia fosil yang baru ditemukan ini.

Fosil dinosaurus yang ditemukan mencakup tulang dari belakang, bahu, paha, kaki, dan tulang rusuk, serta beberapa duri yang tampak seperti pelat baja.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Beredar Video Penemuan Dinosaurus Terakhir di Yogyakarta, Benarkah?

Para ahli memprediksi bahwa kelompok dinosaurus ini mungkin berasal dari Asia.

“Analisis kami tentang silsilah keluarga menunjukkan bahwa itu adalah salah satu stegosaurus yang paling awal, bersama dengan Kadal Chongqing (Chungkingosaurus) dan Huayangosaurus. Ini semua digali dari Formasi Shaximiao Jurassic Tengah hingga Akhir di China, menunjukkan bahwa stegosaurus mungkin berasal dari Asia,” kata Dai Hui dari Biro Eksplorasi dan Pengembangan Sumber Daya Geologi dan Mineral Chongqing.

Para peneliti mengatakan spesies dinosaurus ini memiliki tulang belikat yang lebih kecil dan kurang berkembang serta fitur lain yang berbeda dari semua stegosaurus Jurassic Tengah yang ditemukan sejauh ini.

Namun, fosil itu juga memiliki kesamaan dengan beberapa dinosaurus lapis baja pertama yang berusia lebih dari 20 juta tahun.

Sayangnya, fosil yang terpisah-pisah menghalangi upaya untuk memahami bagaimana kelas dinosaurus ini berevolusi dan bagaimana setiap spesies berhubungan satu sama lain.

Baca Juga:
Dinosaurus Berleher Panjang Terbunuh oleh Infeksi Mirip Flu

Menurut para ahli, Bashanosaurus primitivus memiliki beberapa ciri primitif yang mirip dengan stegosaurus paling awal.

Baca :  Pasien Penerima Cangkok Jantung Babi Pertama di Dunia Wafat

Leave A Reply

Your email address will not be published.