Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Xiaomi Indonesia Pangkas Biaya Servis dan Suku Cadang

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Para ilmuwan menemukan pasangan asteroid termuda di alam semesta yang diberi nama 2019 PR2 dan 2019 QR6.

Keduanya pertama kali terlihat pada 2019 dan menarik perhatian para ahli karena orbitnya yang serupa.

Para astronom menyelidiki dan menemukan bahwa kedua asteroid tersebut adalah pasangan yang berasal dari pemisahan tubuh induk yang sama.

Meski begitu, keduanya memiliki perbedaan ukuran yang mencolok. Yang lebih besar berdiameter 1 km, sementara batuan antariksa lain hanya setengahnya.

Baca Juga:
Salah Satu Benda Langit di Angkasa, Kenali Jenis-Jenis Asteroid Beserta Contohnya

Lowell Discovery Telescope kemudian melakukan pengamatan lanjutan dan mengungkap bahwa keduanya memiliki sifat permukaan yang sama.

Tim ahli mengembangkan dan menjalankan pemodelan untuk lebih memahami formasi dan sejarah pasangan asteroid tersebut. Para ilmuwan juga mempelajari data Catalina Sky Survey untuk menemukan beberapa pengamatan asteroid yang sebelumnya diabaikan.

“Sangat menarik untuk menemukan pasangan asteroid muda yang terbentuk hanya sekitar 300 tahun yang lalu,” kata Petr Fatka, ilmuwan di Astronomical Institute of the Czech Academy of Sciences, seperti dikutip dari CNET pada Sabtu (5/2/2022).

Kedua asteroid tersebut saat ini terpisah satu sama lain sekitar 1 juta km.

Para ilmuwan berharap dapat kembali melakukan pengamatan terhadap kedua bayi kosmik tersebut untuk mengungkap cerita asal asteroid. Namun, hal itu akan memakan waktu.

Baca Juga:
Geger Bumi Bakal Hadapi Peristiwa Kepunahan Massal, Manusia Jadi Penyebabnya

Fatka mengatakan kedua asteroid tersebut tidak akan bisa diamati lagi melalui teleskop hingga 2033.

Baca :  5 Fakta Unik Buaya, Ternyata Makan Tanpa Mengunyah!
Leave A Reply

Your email address will not be published.