Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Update Covid-19 Global Hari Ini: WHO Lacak 4 Subvarian Omicron, Lebih Menular?

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Air kelapa menjadi salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Bukan hanya mampu melepas dahaga, air kelapa juga sering kali dijadikan ‘obat’ dan minuman berenergi usai berolahraga.

Secara ilmiah, air kelapa terbukti mengandung elektrolit tinggi yang mampu mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga maupun karena sakit, termasuk saat terinfeksi Covid-19.

Selain itu, air kelapa juga diperkaya dengan berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan.

“Air kelapa menyediakan banyak nutrisi dan elektrolit yang membantu pemulihan pasca infeksi atau setelah berolahraga. Air kelapa berlimpah dalam kandungan elektrolit terutama kalium. Juga terdapat kalsium, natrium dan magnesium,” kata Pakar Nutrisi Dr. Rita Ramayulis, melalui rilis tertulisnya kepada Cariberita.co.id, Selasa (15/2/2022).

Baca Juga:
Dorce Dimakamkan sebagai Lelaki, Tata Cara Sholat Jenazah Lelaki Menurut Hukum Islam

Ia menambahkan, elektrolit seperti kalium, magnesium, natrium dan kalsium memiliki peran penting dalam mempertahankan sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat, juga mendukung semua aktivitas sel imunitas dalam melawan infeksi penyakit.

Ilustrasi air kelapa (Craig Adderley/Pexels).
Ilustrasi air kelapa (Craig Adderley/Pexels).

Dokter Rita menyampaikan bahwa dalam keadaan sehat, apalagi sakit, tubuh manusia perlu mendapatkan cukup elektrolit. Sebab, mencegah kekurangan elektrolit sangat penting untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh yang baik.

“Elektrolit dalam air kelapa dapat membantu mengatur keseimbangan cairan, mencegah dehidrasi, bahkan memastikan fungsi otot yang tepat. Tentu saja, kita juga harus memastikan kecukupan karbohidrat dan protein pada saat terinfeksi. Selain itu, elektrolit ini juga baik juga dikonsumsi setelah berolahraga,” ungkapnya.

Dokter Rita mengungkapkan, masih ada empat manfaat lain dari air kelapa untuk kesehatan tubuh. Di antarnya:

1. Dapat Mengurangi Tekanan Darah dan Risiko Stroke
Pisang terkenal karena jumlah kalium atau potasiumnya yang tinggi, tetapi satu cangkir air kelapa bisa mengandung lebih banyak kalium daripada pisang berukuran sedang.
Penelitian menunjukkan bahwa diet kaya kalium dapat membantu mendukung kesehatan jantung dengan mengurangi tekanan darah dan melindungi terhadap risiko stroke.

Baca :  Tak Mau Vaksin Covid-19, Pasien Ini Dicoret dari Daftar Penerima Transplantasi Jantung

Baca Juga:
Berduka Dorce Gamalama Meninggal, Tetangga: Jiwa Sosialnya Tinggi, Peduli Sama Anak Yatim

Melengkapi air kelapa dengan makanan kaya kalium lainnya dalam pola asupan nutrisi bisa bermanfaat untuk mendukung kesehatan jantung.

2. Dapat Mendukung Pencernaan yang Baik
Air kelapa mengandung magnesium dan mineral yang bantu menjaga segala sesuatunya tetap bergerak dan mencegah sembelit. Hidrasi yang memadai secara umum juga penting untuk bantu mengatur pergerakan usus.

Ilustrasi gambar (freepik)
Ilustrasi gambar (freepik)

3. Dapat Membantu Rehidrasi saat Sakit atau Setelah Vaksin
Saat sakit atau terinfeksi virus corona, tubuh bisa kehilangan sejumlah besar cairan akibat demam atau muntah dan diare. Dokter Rita mengatakan bahwa air kelapa dapat membantu status hidrasi dan menyeimbangkan elektrolit lebih baik daripada air mineral biasa.

Pada beberapa varian air kelapa bahkan sudah mengandung vitamin C dan D yang dapat memberikan dukungan kekebalan lebih baik. Selain itu, penting juga untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan baik setelah melakukan vaksin, salah satunya bisa dilakukan dengan minum air kelapa.

4. Dapat Mengontrol Berat Badan
Hidrasi yang tepat sangat penting untuk memelihara setiap sel dalam tubuh dan mengoptimalkan tingkat metabolisme. Banyak orang salah mengira rasa haus sebagai rasa lapar, akibatnya makan berlebihan sehingga menyebabkan penambahan berat badan.

Meskipun air kelapa memiliki lebih banyak kalori daripada air biasa, namun secara substansial lebih rendah kalori daripada minuman lain seperti soda, jus ataupun minuman bergula lainnya.

Proses sederhana mengganti minuman manis dengan air kelapa dapat jadi solusi untuk mengurangi kalori selama seminggu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.