Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  WHO: Dosis Tunggal Vaksin HPV Beri Perlindungan Kuat dari Kanker Serviks

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Kasus baru kanker serviks (leher rahim) terus meningkat. Data Globocan 2020 menunjukkan ada 36.633 kasus baru kanker serviks dengan kematian diperkirakan sebanyak 21.003 orang per tahun di Indonesia.

Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat 100 kasus baru dan 57 wanita meninggal akibat kanker leher rahim setiap hari-nya. Sebagai upaya untuk menekan laju kasus kanker serviks, pemerintah Indonesia memulai pelaksanaan program introduksi imunisasi HPV sejak tahun 2016.

Program ini diikuti dengan perluasan cakupan imunisasi HPV secara nasional pada program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) pada Agustus 2023. Ketua Technical Advisory Group of Immunization (ITAGI), Prof. Dr. dr. Sri Rezeki Hadinegoro, Sp.A(K) menjelaskan, edukasi dan informasi terkait penyakit, pemberian imunisasi, dan keamanan vaksin HPV juga penting untuk dilakukan. 

“Dengan memberikan update informasi mengenai epidemiologi, beban penyakit HPV, manfaat pemberian imunisasi HPV, aspek keamanan vaksin HPV, teknik edukasi dan komunikasi yang efektif terkait imunisasi HPV, serta cara antisipasi hoaks diharapkan workshop ini dapat meningkatkan pengetahuan dan ilmu bagi tenaga kesehatan dalam penyelenggaraan program imunisasi nasional HPV,” ujarnya dalam siaran pers yang Cariberita.co.id terima belum lama ini.

Baca Juga:Hati-Hati, Ini 4 Dampak Negatif akibat Kebiasaan Merokok pada Remaja

Menyadari pentingnya edukasi kanker serviks bagi masyarakat, ITAGI bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan PB IDI serta organisasi profesi lintas sektoral mengadakan HPV Vaccine Confidence Workshop 2023 untuk mendukung tenaga kesehatan di Indonesia dengan target peserta dokter umum, dokter anak, bidan dan perawat yang bertugas di garda terdepan dalam melaksanakan program imunisasi HPV.

Direktur Pengelolaan Imunisasi, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dr. Prima Yosephine, MKM, mengatakan, peran tenaga kesehatan dalam kesuksesan Program Imunisasi Nasional HPV merupakan bagian yang penting. Terlebih saat ini, beban kanker serviks di Indonesia sangat besar dan program imunisasi nasional HPV dapat membuat pencegahan kanker serviks menjadi lebih efektif. 

Baca :  Yuni Shara Akui Rutin Kumur Air Garam, Benarkah Bisa Lawan Virus Corona Covid-19?

“Peran tenaga kesehatan sangat penting untuk menyukseskan program imunisasi nasional tersebut. Tenaga kesehatan dapat berperan dalam berkoordinasi dengan lintas sektor di masing-masing daerah, seperti guru dan orang tua murid, untuk memberikan informasi terkait pentingnya imunisasi HPV,” ujar dia.

HPV Vaccine Confidence Workshop 2023 dilaksanakan sebanyak tiga kali yang dibagi berdasarkan tiga daerah, yaitu Jawa Barat, DIY dan Sumatera pada tanggal 15 Juli 2023, Jawa Timur, Sulawesi, Maluku, Papua, Nusa Tenggara dan Bali pada tanggal 29 Juli 2023, dan Jawa Tengah, Banten, DKI dan Kalimantan, pada tanggal 5 Agustus 2023.

Workshop ini merupakan bentuk edukasi tenaga kesehatan yang dilakukan oleh ITAGI yang berkerjasama dengan PT. Merck Sharp & Dohme (MSD) Indonesia

Baca Juga:Tekan Angka Stunting, PNM Gelar Edukasi Gizi Anak untuk 15.000 Nasabah

Leave A Reply

Your email address will not be published.