Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Methylprednisolone Obat Apa? Ini Cara Kerja dan Orang yang Tidak Boleh Mengkonsumsinya

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Merujuk pada data survey Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB) diperkirakan 3 dari 100 orang di Indonesia berusia lebih dari 50 tahun mengalami kebutaan atau sekitar 1,6 juta orang. 

Data ini pula menyebutkan 80 persen diantaranya disebabkan oleh katarak, sehingga menempatkan Indonesia sebagai negara dengan angka kebutaan tertinggi di Asia Tenggara.

Tingkat prevalensi ini menjadi perhatian pemerintah Indonesia, yang telah secara berkesinambungan melakukan berbagai promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif dan menargetkan penurunan gangguan penglihatan sebesar 25% pada 2030. 

Tentu target ini membutuhkan dukungan dan Kerjasama dari berbagi pihak, termasuk swasta. Menyadari pentingnya kolaborasi seluruh pihak dalam upaya pemberantasan katarak di Indonesia, Erha, sebagai salah satu perusahaan dermatologi dan kecantikan terkemuka di Indonesia, telah mengambil langkah maju untuk menangani masalah ini. 

Baca Juga:
Gangguan Kulit Termasuk Tiga Besar Penyakit yang Sering Ditemukan di Puskesmas, Ini Solusinya

Dengan komitmen yang kuat untuk memberikan harapan dan perubahan positif bagi ribuan orang yang menderita katarak, program bakti sosial operasi katarak gratis pun dilaksanakan secara berkelanjutan di berbagai penjuru negeri. 

Dengan target 2000 penerima manfaat di tahun 2023, Erha berharap dapat memberikan bantuan yang signifikan kepada pasien penderita katarak untuk mendapatkan kembali penglihatan yang jernih, produktifitas, hingga kemampuan berpartisipasi secara aktif dalam kehidupan sehari-hari.

Diharapkan langkah ini, dapat memberikan kontribusi signifikan bagi masyarakat Indonesia dengan masalah penglihatan yang mengganggu, serta mewujudkan kualitas hidup yang lebih baik bagi pasien dan orang-orang di sekelilingnya.

Sebagai salah satu wujud komitmen, pada tanggal 20-23 Juni 2023, kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis dilakukan di Pulau Buru, Namlea, Maluku. Kegiatan ini dihadiri lebih dari 1000 partisipan yang ingin mendaftar dan telah berhasil mengoperasi 344 mata katarak di Namlea, Pulau Buru, Maluku.

Baca :  Waspada, Anak Muda dengan Mata Minus Tinggi Berisiko Alami Ablasi Retina Sebabkan Kebutaan

Salah satu penerima manfaat yang telah mengalami perubahan hidup secara signifikan berkat operasi katarak gratis adalah Ibu Mugiah, seorang wanita berusia 63 tahun yang telah menderita katarak selama dua tahun. 

Baca Juga:
HLUN 2023, Kemensos Gelar Operasi Katarak Gratis di Dharmasraya

Ibu Mugiah mengalami keterbatasan penglihatan yang signifikan, dimana kedua mata beliau terjangkit katarak bahkan mata sebelah kanannya sudah tidak bisa melihat sama sekali.

Wanita yang dulu berprofesi sebagai Pedagang dan Ibu Rumah Tangga ini mengaku mengalami banyak penurunan kualitas hidup akibat katarak. Kehidupan sehari-hari Ibu Mugiah sangat bergantung pada bantuan dari anak dan orang-orang sekelilingnya. 

“Jangankan untuk keluar beraktifitas, untuk pergi ke air dan ambil minum saja saya harus menunggu anak untuk menuntun. Apalagi jika harus berjualan, padahal hasil yang saya dapatkan dulu cukup membantu perenonomian keluarga,” tandas Ibu Mugiah.

Beruntung setelah menjalani operasi, pengelihatan Ibu Mugiah dapat kembali normal dan beliau dapat menjalankan hidupnya seperti sedia kala.

Leave A Reply

Your email address will not be published.