Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Selain Menurunkan Berat Badan, 5 Olahraga Ini Sangat Bagus untuk Kesehatan Jantung

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Banyak orang menggangap bahwa penyakit jantung hanya terjadi pada orang dewasa. Meski deikian,  dokter Spesialis Anak dan Konsultan Jantung Anak dari Siloam Hospitals Manado, dr. David Waworuntu, SpA(K), mengingatkan bahwa anak juga bisa terkena penyakit jantung bawaan.

Kondisi ini merupakan keturunan yang sudah didapat sejak dalam kandungan dan akan aktif saat bayinya lahir.

“Penyakit jantung akibat turunan pada usia anak dapat terdeteksi sejak bayi dilahirkan atau menginjak balita pun saat remaja. Ada pula terdeteksi saat usia dewasa. Namun berbeda pada penyakit jantung secara umum pada orang dewasa karena pola hidup yang tidak sehat”, ungkap David Waworuntu, dalam keterangannya baru-baru ini. 

Ilustrasi anak sakit (Freepik/freepik
Ilustrasi anak sakit (Freepik/freepik

Penyakit jantung pada usia anak merupakan kondisi medis yang melibatkan masalah dengan struktur atau fungsi jantung sejak lahir atau yang berkembang pada masa pertumbuhan.

Baca Juga:Cara Lakukan Bantuan Hidup Dasar Pada Korban Henti Jantung, Bisa Selamatkan Nyawa

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, setiap tahunnya sekitar 12 ribu bayi yang menderita penyakit jantung kongestif. Dari jumlah tersebut, baru sekitar 6.000 anak yang mendapatkan penanganan, sementara sisanya belum dapat tertangani yang kemudian berujung kepada kematian.

Ia menjelaskan, penyakit jantung pada anak, yang juga dikenal sebagai cacat jantung bawaan, terjadi karena adanya gangguan dalam perkembangan jantung selama kehamilan atau dalam beberapa kasus dapat berkembang setelah kelahiran.

“Penyebab pastinya kerap tidak diketahui dengan pasti, hanya saja beberapa faktor dapat berkontribusi, yaitu faktor genetik, peran lingkungan, akibat infeksi dan Imunologis”, tutur David.

Dalam hal ini orang tua juga berperan penting menjaga anak agar memiliki jantung yang sehat terlebih memerhatikan pola hidup sang Ibu pada saat mengandung, yang seharusnya konsisten menjaga asupan gizi termasuk menghindari kebiasaan buruk merokok, minum alkohol dan lainnya yang dapat mempengaruhi kesehatan bayi di masa kehamilan.

Baca :  Cuma Gegara Makan Makanan Sisa, Lelaki Ini Alami Kegagalan Organ Hingga Diamputasi

Gejala dan Penanganan

Baca Juga:Nyeri Ulu Hati karena Asam Lambung atau Sakit Jantung, Bagaimana Membedakannya?

Ia juga menjelaskan  gejala penyakit jantung pada anak yang memiliki dua hal, yaitu yang tidak kebiruan atau tidak terlihat secara langsung dan ada pula yang kebiruan yang terlihat secara langsung bahwa anak memiliki luka kebiruan pada bibir, jari tangan, kulit dan kuku sejak dilahirkan.

“Untuk gejala yang tidak kebiruan ini baru akan kelihatan nanti begitu anak masuk usia balita, terdapat beberapa gejala yaitu minum susu atau nafsu makan tidak bagus, berat badan susah naik, kontinyu mengalami gejala influenza yaitu batuk pilek yang jika tidak diobati dia akan mudah terinfeksi saluran pernapasan pun telapak tangan akan mudah berkeringat walaupun tidak beraktivitas”, ungkap David di hadapan puluhan peserta edukasi.

Pada penanganan penyakit jantung anak ini, orang tua harus berperan memantau tumbuh kembang anak dan jika merasakan gejala penyakit jantung seperti yang sudah disebutkan maka segera periksa ke dokter umum anak agar mendapatkan deteksi yang jelas, apakah perlu dikonsultasikan lebih dengan dokter jantung atau tidak.

“Penanganan penyakit jantung pada anak ini memang harus dikonsultasikan dengan dokter jantung anak supaya dapat diberikan tindakan yang tepat seperti operasi atau ada tindakan lainnya sesuai dengan kondisi jantung. Karena hanya ada sedikit obat rutin yang dapat membantu penyembuhan pada penyakit jantung ini”, imbuh David menjelaskan.

Sangat disarankan untuk melakukan deteksi dini jantung pada anak sehingga dapat dilakukan pencegahan dini dan pengobatan dini demi tumbuh kembang dan kehidupan si anak yang lebih baik”, pungkas dr. David Waworuntu, Sp.A (K)., yang jadwal prakteknya bisa dilihat lengkap melalui aplikasi MySiloam.

Baca :  Orangtua, Ini Hal yang Bisa Anda Lakukan Agar Anak Gemar Makan Sayur

Leave A Reply

Your email address will not be published.