Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Dokter Onkologi Ingatkan Stres Bikin Kanker Payudara Makin Ganas, Gimana Mencegahnya?

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Hari Kesehatan Mental Sedunia atau World Mental Health Day 2023 akan diperingati pada 10 Oktober mendatang. Stres jadi masalah kesehatan jiwa yang sering dialami, tapi sangat sedikit yang tahu cara mengatasinya. Memang seperti apa?

Dijelaskan Founder Stress Management Indonesia, Coach Pris berawal dari stres bisa berisiko alami gangguan kesehatan mental yang berdampak pada infeksi penyakit fisik karena kekebalan tubuh menurun.

“Bila kamu tidak menjaga kesehatan mental dengan cara yang tepat, kamu akan menumpuk beban pikiran, mempercepat burnout, dan menambah beberapa masalah mental dan finansial. Maka dari itu, bila kondisi fisik dan mental kamu prima, kamu juga bisa menjaga dan mengelola keuanganmu dengan baik,” ujar Coach Pris melalui keterangan yang diterima Cariberita.co.id, Kamis (5/10/2023).

Berikut ini cara mengatasi stres yang terjadi terus menerus, dan mencegah gangguan kesehatan mental yang bisa dilakukan.

Baca Juga:Mahasiswi UMY Diduga Bunuh Diri Lompat dari Lantai 4, Pihak Kampus Telusuri Penyebabnya

1. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Memulai untuk menjaga kesehatan mental dengan merawat diri sebaik mungkin adalah kunci utama. Pastikan juga cukup tidur, makan makanan yang bergizi, dan minum air sesuai kebutuhan minimal 2 liter sehari.

Ilustrasi konsumsi makanan sehat (Pexels.com/Nathan Cowley)
Ilustrasi konsumsi makanan sehat (Pexels.com/Nathan Cowley)

Selain itu, olahraga juga bisa bantu lebih bugar dan fokus untuk menghadapi aktivitas lainnya. Sehingga dengan menjaga diri lebih baik, pikiran jadi lebih tenang. Selain itu, tubuh kamu juga akan terasa lebih segar.

2. Tetap Bersosialisasi

Tidak harus kok menghadapi dan melakukan semua hal sendirian. Jadi jika merasa beban emosi sudah menumpuk, atau kelelahan akibat overthinking, bisa kok bercerita dan bersosialisasi dengan orang-orang terdekat.

Baca Juga:Depresi Ditinggal Nikah, Pemuda di Pasuruan Ini Ngamuk Rusak Rumah Warga

Baca :  7 Tanda Mengalami Burnout, Termasuk Jadi Mudah Menangis

Bantuan dan pengertian dari orang-orang yang dipercaya sangat berarti untuk kesehatan mental. Selain itu, bisa juga menumbuhkan rasa bersyukur yang lebih dalam. Ditambah dengan bersyukur, orang tersebut bakal bisa lebih menikmati dan menghayati hidup.

2. Lakukan Mindfulness dengan Menulis

Mempraktikan mindfulness akan sangat membantu, salah satu triknya bisa mencoba menulis atau journaling untuk mendokumentasikan hal-hal yang membuat hidup lebih bermakna.

Selain itu, journaling juga bisa bantu mengevaluasi perasaan dan pikiran sehingga terhindar dari overthinking, yang bisa memicu burnout. Bahkan journaling juga bisa bantu meningkatkan kualitas menulis loh.

ilustrasi cegah stres dengan sosialisasi (Pexels/Helena_Lopes)
ilustrasi cegah stres dengan sosialisasi (Pexels/Helena_Lopes)

3. Hindari dan Kurangi Penyebab Stres

Sangat penting untuk mengurangi penyebab stress dan overthinking jika ingin menenangkan pikiran. Tapi bila merasa lelah dengan hidup, pekerjaan, dan urusan lainnya, bisa kok beristirahat sejenak.

Jadi nggak harus tuh bekerja 24/7 dan overthinking terhadap banyak hal. Apalagi pekerjaan juga bisa kok menunggu setelah merasa lebih baik. Jadi Anda tidak seharusnya mengorbankan kesehatan mental untuk pekerjaan.

4. Nikmati Hal-hal yang Disukai

Hampie setiap orang pasti punya hobi yang disukai. Hasilnya dengan menikmati hobi, Anda akan merasa lebih menikmati hidup. Jika masih bingung dengan hobi, bisa kok mencoba beberapa aktivitas outdoor seperti yoga atau jalan-jalan di alam terbuka.

Selain itu, beberapa hobi bisa dilakukan di dalam rumah, seperti menonton film, melukis, dan sebagainya.

5. Ingat Semua Pasti Berlalu

Atau kesimpulannya bersabar adalah faktor yang penting, karena kehidupan tidak akan selalu kelam dan sulit. Ini karena akan selalu ada harapan dan hal-hal baik yang terjadi pada diri. Dengan menjaga kesehatan mental dan fisik, bisa belajar untuk menyayangi diri sendiri dan menghargai kehidupan.

Baca :  Apa Saja Gejala Omicron pada Remaja? Jangan Dianggap Flu Biasa, Segera Periksa Jika Mengalami Hal Berikut

“Bila kamu pernah memiliki bayang-bayang untuk mengakhiri hidupmu sendiri, ingatlah bahwa kamu tidak sendirian dan kehidupan yang kamu miliki sangatlah berharga, tetaplah jalani hidup walaupun hidup terkadang berat dan pahit,” pungkas Coach Pris.

Leave A Reply

Your email address will not be published.