Indeks berita terkini dan terbaru hari ini

Masak Steak Juicy Resep Koki Ternama di Rumah

0

Steak yang ‘juicy’ seperti buatan koki ternama bisa dibuat di rumah.

Cariberita.co.id, JAKARTA — Steak daging merupakan salah satu menu western yang banyak digemari oleh berbagai kalangan, dari anak-anak hingga dewasa. Untuk menikmati steak yang juicy dan enak, Anda juga bisa lho memasaknya dari rumah tanpa harus ke restoran.


Untuk membantu Anda memasak, beberapa koki restoran steak di New York telah memberikan tips bagaimana membuat steak yang sempurna di rumah. Berikut tips dan tahapan memasak ala koki seperti dilansir dari Travel and Leisure, Kamis (19/5/2022).


 


1. Temukan potongan daging yang tepat


Sulit untuk membuat steak seenak di restoran tanpa membeli potongan daging yang tepat. Restoran steak biasanya menggunakan potongan daging sapi terbaik seperti USDA Prime atau Wagyu, jadi Anda bisa membeli ke tukang daging dan meminta mereka memotongnya sesuai spesifikasi Anda.


Michael Lomonaco, koki dan pemilik NYC’s Porter House, merekomendasikan untuk meminta potongan setebal 1,5 inci. “Itu steak yang tebal, tapi itu akan memberi Anda kesempatan untuk membakar steak di kedua sisinya tanpa membuatnya terlalu matang,” kata dia.


Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa rib-eye steak cenderung lebih berlemak daripada steak strip klasik. Menurut Lomonaco, ini adalah potongan dengan rasa terlezat yang membuatnya menjadi pesanan populer di banyak restoran steak.


 


2. Menyiapkan daging


Setelah membeli bahan-bahan, kini yang dibutuhkan adalah tekniknya. Pertama, keluarkan steak dari lemari es sekitar 10 hingga 15 menit sebelum mulai memasak. Chef di Korean Steakhouse COTE David Shim mengatakan, steak suhu ruangan akan lebih efisien untuk dimasak daripada steak beku dari lemari es.


 


“Kemudian, beri garam pada steak dan jangan pelit. Lapisan garam sangat penting. Itulah yang akan menciptakan reaksi maillard cokelat keemasan yang cantik pada steak,” kata Shim.


 


3. Memasak steak yang sempurna


Anda memiliki dua pilihan memasak di rumah: panggangan atau wajan. Lomonaco mengatakan bahwa dia, secara pribadi, selalu memilih panggangan jika tersedia. Jika memanggang bukanlah pilihan, cast iron atau besi tuang adalah alat terbaik untuk memasak steak di rumah.


Panaskan besi tuang selama lima sampai 10 menit dan jangan minyaki wajan. Setelah wajan panas, masukkan steak, diamkan. Setelah tiga atau empat menit, balik steak dengan penjepit, lalu masak sisi lainnya selama tiga hingga empat menit.


Setelah membakar kedua sisi steak, Anda harus memasaknya di dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu hingga 375 derajat fahrenheit. Waktu memasak dalam oven akan tergantung pada steak yang Anda masak.


“Kemungkinan akan memakan waktu empat hingga delapan menit di dalam oven. Anda akan ingin menggunakan termometer daging setelah empat menit untuk memeriksa steak, dan Anda akan menariknya pada suhu yang Anda inginkan. Biasanya, banyak orang lebih menyukai steak medium-rare menginginkan suhu daging berada pada 135 F,” kata Shim.


 


4. Menyajikan steak


Setelah proses di atas, satu langkah penting yang harus diperhatikan adalah proses penyajian. Lomonaco menyarankan untuk mengeluarkan steak dari sumber panas dan biarkan selama lima hingga 10 menit sebelum disajikan.


“Ini penting karena juice dari steak didorong ke tengah daging saat dimasak. Waktu istirahat ini akan memungkinkan semua juice yang lezat mengalir kembali melalui steak, jadi ketika Anda memotong steak, juice-nya tidak keluar begitu saja. Dan Anda akan mendapatkan steak yang enak dan juicy,” kata Lomonaco.

Leave A Reply

Your email address will not be published.