Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Temuan Baru, Varian Omicron Bisa Lindungi Diri dari Varian Delta

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Indonesia tengah mencetak rekor dengan 64.718 kasus harian baru Covid-19. Angka ini dipastikan sudah melebihi jumlah puncak kasus baru saat varian Delta di Juli hingga Agustus 2021.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, saat konferensi pers, Rabu (16/2/2022).

Nadia mengatakan bahwa puncak kasus varian Delta di angka 56 ribu. Dengan jumlah kasus baru di atas 64 ribu saat ini, itu artinya kasus Covid-19 harian merupakan yang tertinggi selama gelombang pandemi Indonesia.

“Angka ini sudah melebihi dari puncak Delta (tahun lalu) 56 ribu,” ujar Nadia.

Baca Juga:
Isu Fenomena Chemtrails Akibatkan Mewabahnya Omicron, BMKG: Teori Konspirasi Membuat Kepanikan Publik

Meski begitu, Nadia mengatakan bahwa rekor kasus varian Omicron ini tidak berlaku pada jumlah kematian yang jauh lebih rendah dibanding gelombang varian Delta, yang mengambil korban 2.500 orang.

“Tetapi melihat jumlah kematian, kemarin (saat kasus baru 57 ribu) dilaporkan ada 134 kematian. Kita tahu bahwa pada saat Delta, dengan angka 56 ribu, angka kematian yang dilaporkan sekitar 2.500,” ungkap Nadia.

Sehingga disimpulkan, kasus kematian harian saat gelombang varian Omicron lebih rendah 90 persen dibandingkan gelombang varian Delta.

Hal yang sama juga berlaku pada positivity rate atau risiko penularan. Jika sebelumnya mencapai angka 50 persen yang berarti 1 dari 2 orang terinfeksi Covid-19, kini pada gelombang varian Omicron, Nadia mengklaim positivity rate di kisaran 16,68 persen.

“Saat ini Omicron sudah mendominasi varian yang bersirkulasi di masyarakat, baik di level global maupun di level nasional. Kasus Omicron secara nasional dilaporkan ada 96 persen, Delta 3,3 persen,” tutup Nadia.

Baca :  Titi Kamal dan Christian Sugiono Lakukan Tes DNA, Apa saja Manfaatnya Selain Cari Tahu Asal Usul Keluarga?

Baca Juga:
Didominasi Peserta PTM, Kasus Harian COVID-19 di Cirebon Tembus 245 Orang dalam Sehari

Leave A Reply

Your email address will not be published.