Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Dokter Zaidul Akbar Ungkap Penyebab Pusing Setelah Bangun Tidur Siang

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Penurunan tekanan darah merupakan alasan kita sering merasa pusing atau kepala kliyengan saat berdiri setelah duduk lama. Tak perlu khawatir, sebab ini tidak tidak berkaitan dengan masalah kesehatan.

Berdasarkan Science Alert, fenomena ini disebut sebagai hipotensi ortostatik atau initial orthostatic hypotension (IOH).

Studi baru menunjukkan bahwa beberapa latihan otot sederhana dapat mengurangi efek hipotensi ortostatik. Kuncinya adalah mengaktifkan otot-otot tubuh bagian bawah sebelum atau sesudah berdiri.

“Karena ini adalah kondisi fisik, maka hanya membutuhkan anggota tubuh bagian bawah, yang dapat digunakan pasien kapan saja dan dari mana saja untuk melawan gejala,” jelas peneliti klinis Nasia Sheikh dari University of Calgary, Kanada.

Baca Juga:
Dikecam Pindahkan Makam Vanessa Angel, Pihak Doddy Sudrajat Ogah Ambil Pusing

Ilustrasi pusing (shutterstock)

Penelitian melibatkan 22 wanita muda dan mereka diminta untuk berlatih dua hal, yakni berulang kali mengangkat lutut sambil duduk selama 30 detik sebelum berdiri, dan menyilangkan kaki selama 30 detik setelah berdiri.

Ternyata, kedua latihan tersebut membuat perbedaan besar dalam mengatur turunnya tekanan darah dan menghilangkan gejala hipotensi ortostatik.

Peneliti menduga disebabkan oleh pembukaan pembuluh darah yang dipicu oleh proses berdiri, dan latihan ini bertujuan untuk menangkal respons tersebut.

Mereka juga mengatakan bahwa latihan dapat dipraktikkan secara bersama-sama.

Meskipun ukuran sampel dalam penelitian ini kecil dan hanya melibatkan wanita, latihan ini berpotensi mengubah situasi.

Baca Juga:
Inisial G Bikin Riuh di Sosial Media Twitter, Warganet: Itu Siapa Sih, Pusing Mikirnya

Baca :  Ibu Hamil dengan Mata Minus dan Silinder Kategori Berat Tidak Bisa Melahirkan Normal, Benarkah?
Leave A Reply

Your email address will not be published.