Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Penelitian Temukan Varian Omicron Tetap Menular hingga 6 Hari setelah Gejala Muncul

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Gendongan bayi sekarang ini sudah bukan menjadi sekadar kebutuhan orangtua untuk bayi, tetapi juga sudah bagian dari fesyen.

Manfaat gendongan untuk memudahkan orangtua membawa si kecil dan membantunya untuk lebih tenang dan nyaman. Biasanya, gendongan menjadi alternatif untuk menimang bayi agar lebih cepat tidur.

Anisya Cahya selaku Mom and Baby Coach, melalui unggahan di Instagram pribadinya menuturkan kalau menggendong memiliki banyak manfaat. Mulai dari membuat bayi nyaman dan membantu meningkatkan perkembangan bayi.

“Menggendong punya banyak manfaat, yaitu di antaranya, dapat mencegah atau mengurangi tangisan dan menenangkan bayi, mempererat hubungan antara ortu dan bayi, juga dapat membantu meningkatkan perkembangan bayi,” tulisnya, seperti dikutip pada Jumat (14/4/2023).

Baca Juga:
Menggendong yang Nyaman, Orangtua Harus Perhatikan Ini

Semakin populer jenis gendongan membuat makin banyak pilihan bagi orangtua. Ada gendongan jarik, kain yang elastis sampai gendongan yang dijahit bertekstur.

Anisya menganjurkan untuk para orangtua sebelum membeli gendongan dengan memperhatikan usia dan motorik anak, menyesuaikan dengan ukuran badan, dan pastikan gendongan yang dipilih memungkinkan kaki bayi bisa di posisi ‘M’ dengan lutut lebih tinggi dari pantatnya.

“Kenapa MShape? Untuk meminimalisir risiko anak mengalami displasia pinggul,” imbuhnya.

Displasia Panggul, Apa Itu?

Melansir dari laman Rumah Sakit Orthopaedi, displasia pinggul merupakan kondisi tulang pinggul bayi tidak berkembang dengan normal.

Baca Juga:
Pameran Budaya Gendongan Bayi

Di mana, sendi pinggul yang seharusnya persambungan antar dua tulang, salah satu tulangnya (berbentuk bola) tidak berada di dalam rongga atau tidak pas di dalam rongga tulangnya.

Penyebabnya bisa beragam faktor meliputi posisi menggendong dan bedong yang salah, kehamilan sungsang, rahim cukup sempit saat dalam kandungan, air ketuban terlalu sedikit saat hamil dan genetik.

Baca :  Pandemi Mulai Terkendali, Myanmar Catat Rekor 7 Hari Tanpa Kematian Akibat COVID-19

Maka dari itu, salah satu upaya agar bayi terhindar dari displasia panggul selain faktor saat di dalam kandungan yaitu dengan cara gendong M-Shape.

Sebagaimana yang dikutip dari laman Klikdokter, posisi gendong M-shape merupakan posisi alami karena menyerupai posisi bayi di dalam kandungan. Adapun manfaat dari menggendong M-shape bagi tumbuh dan kembang bayi meliputi:

  • Menunjang perkembangan sendi panggul.
  • Menunjang perkembangan tulang belakang.
  • Menunjang perkembangan Bahasa pada bayi.
  • Membangun bonding dengan orangtua.
  • Memberikan rasa nyaman pada bayi yang mengalami masalah pencernaan. (Shilvia Restu Dwicahyani)

Leave A Reply

Your email address will not be published.