Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Hati-hati Menahan Buang Air Kecil di Perjalanan Saat Mudik, Bisa Berisiko Terkena ISK

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Ginjal termasuk organ penting dalam tubuh. Salah satu fungsinya yang paling krusial yaitu membuang zat sisa dalam darah yang tidak dibutuhkan tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk  mengetahui penyakit ginjal apa saja yang berpotensi menyerang.

Anda harus tahu bahwa kerusakan pada ginjal akan sangat mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Dokter spesialis penyakit dalam dr. Yenny Kandarini, Sp.PD-KGH., mengatakan bahwa kerusakan ginjal ada yang bersifat permanen, ada pula yang bisa disembuhkan.

Kerusakan ginjal yang permanen itu disebut dengan penyakit ginjal kronis. Sedangkan, yang masih bisa disembuhkan disebut penyakit ginjal akut.

“Kalau penyakit ginjal akut kita kendalikan dengan baik itu bisa sembuh sempurna, fungsi ginjal bisa kembali normal. Beda dengan ginjal kronis, harus diwaspadai karena berlangsung sangat menetap, progresif, dia nggak bisa kembali ke normal,” jelas dokter Yenny dalam siaran langsung Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan, Senin (7/3/2022).

Baca Juga:
Sering Ditakuti, Tes Urine Ternyata Bisa untuk Deteksi Dini Masalah Ginjal

Penyakit ginjal akut biasanya disebabkan beberapa hal yang tidak berkaitan dengan ginjal, lanjut dokter Yenny. Misalnya kekurangan cairan, pendarahan, dan akibat penyakit tertentu seperti hipertensi dan diabetes melitus.

Sementara itu, penyakit ginjal kronis merupakan gangguan fungsi ginjal yang berlangsung lebih dari 3 bulan.

“Kedua penyakit itu bisa sampai hemodialisis (cuci darah). Hanya bedanya, kalau ginjal kronis harus lakukan hemodialisis seumur hidup. Sedangkan ginjal akut, begitu fungsi ginjal dikatakan membaik bisa berhenti,” tutur dokter Yenny.

Gangguan fungsi ginjal lainnya bisa berupa batu ginjal, infeksi, juga peradangan oada ginjal. Dokter Yenny menyampaikan bahwa seiring waktu, berbagai penyakit itu bisa berujung menjadi penyakit ginjal akut maupun kronis.

Baca :  Heboh Sindikat Jual Organ, Kenapa Manusia Bisa Hidup dengan Satu Ginjal?

“Penyebab utama penyakit ginjal sekarang sudah mulai bergeser. Dulu karena infeksi, sekarang sudah bergeser ke penyakit seperti diabetes, itu semakin meningkat jumlahnya. Kemudian hipertensi juga penyakit lain yang berhubungan dengan ginjal, seperti jantung,” paparnya.

Baca Juga:
Waspadai Gejala Batu Ginjal, Penyakit yang Diidap Dorce Gamalama Sebelum Diserang Covid-19

Gaya hidup yang tidak sehat dan tidak aktif bergerak juga berpotensi merusak ginjal. Dokter Yenny memaparkan, kebiasaan merokok, minum alkohol, kurang minum, jarang berolahraga, juga obesitas bisa meningkatkan risiko kerusakan ginjal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.