Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Apakah Produk Tembakau Alternatif Lebih Rendah Risiko? Ini Kata Dokter Spesialis Paru

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Kunyit merupakan salah satu rempah yang sudah terbukti khasiatnya. Selain menjadi salah satu bumbu utama di dapur, kunyit juga terkenal sebagai jamu dan obat tradisional. Manfaat kunyit bagi kesehatan sudah enggak perlu diragukan lagi, salah satunya dalam merawat organ hati.

Kunyit mengandung kurkumin dan minyat atsiri yang berperan sebagai antioksidan, antiracun, antimikroba, antitumor dan antikanker. Rempah yang satu ini sangat terkenal sebagai salah satu bahan yang baik untuk merawat kulit dan penyembuhan luka.

Selain kurkumin dan minyak atsiri, terdapat kandungan lainnya dari kunyit yang bermanfaat bagi tubuh diantaranya sesmetoksikumin, karbohidrat, protein, pati, bisdesmetoksikurkumin, vitamin C, resim, fosfor, kalsium, lemak, selulosa, antioksidan, zat pahit dan zat besi.

Terdapat berbagai khasiat kunyit seperti membersihkan, menyejukkan, mengeringkan dan menghilangkan rasa gatal.

Baca Juga:
Obat Kista Dokter Zaidul Akbar Ini Ada 6 Jenis Berbeda, Apa Sajakah Itu? Simak Ulasannya!

Ilustrasi bubuk kunyit (Pexels/Karl Solano)
Ilustrasi bubuk kunyit (Pexels/Karl Solano)

Menilik pada beragamnya kandungan yang terdapat pada kunyit, tentunya memiliki sejumlah manfaat baik untuk mengatasi masalah kesehatan. Asalkan sesuai dengan takaran ya, Beauty. Berikut ulasannya seperti dilansir dari laman Kementerian Kesehatan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, Jumat (3/3/2023).

Mengurangi Nyeri Haid

Nyeri pada saat menstruasi tentunya sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman saat beraktivitas. Kandungan kurkumin pada kunyit inilah yang mampu meredakan nyeri saat haid sebab bisa melemaskan kontraksi rahim dan mengurangi produksi prostaglandin yakni hormon yang memicu sakit saat haid.

Mengobati Penyebaran Sel Kanker

Rupanya terdapat kunyit putih yang cocok untuk mengobati penyebaran sel kanker di dalam tubuh. Kurkumin yang ada pada kunyit putih berperan untuk menghambat penyebaran dan pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga:
Benarkah Kunyit Punya Manfaat Untuk Miss V? Penelitian Bilang Begini

Baca :  WHO Sarankan Jangan Anggap Enteng Subvarian Omicron, Ini Sebabnya

Meredakan Peradangan Usus

Peradangan usus bisa diredakan dengan mengonsumsi kunyit agar terhindar dari diare kronis. Kandungan antioksidan dan kurkumin yang terdapat pada kunyit dapat melancarkan kinerja otot pencernaan sehingga mampu mengurangi intensitas sakit pada perut.

Ilustrasi Usus (Pexels.com/LightFieldStudios)
Ilustrasi Usus (Pexels.com/LightFieldStudios)

Mencegah Kerusakan Hati

Melihat dari berbagai kandungan baik yang ada pada kunyit, sudah tidak diragukan akan khasiatnya bagi tubuh salah satunya organ hati. Sebuah penelitian menyebutkan bahwasannya ekstrak kunyit mampu untuk merawat organ hati sehingga terhindar dari kerusakan hati agar tetap sehat.

Menangkal Infeksi

Kandungan kunyit yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur mampu menangkal infeksi dan berkembangnya jamur di dalam tubuh. Terlebih jika kunyit yang digunakan adalah kunyit putih.

Bubuk kunyit (Freepik/Stockimagefactorycom)
Bubuk kunyit (Freepik/Stockimagefactorycom)

Mengobati Maag

Rutin mengonsumsi larutan kunyit rupanya efektif dalam membantu pengobatan maag. Kurkumin yang terkandung pada kunyit inilah yang berperan untuk mengendalikan produksi empedu dan asam lambung secara berlebih.

Obat Alergi

Bisdesmetoksikurkumin dan kurkumin yang terkandung di kunyit memiliki fungsi sebagai senyawa anti alergi yang bisa mengobati gatal-gatal.

Maka dari itu selalu sedia kunyit baik yang masih utuh mau pun sudah menjadi bentuk jamu sebagai antisipasi untuk mengatasi berbagai penyakit di rumah, ya! (Shilvia Restu Dwicahyani)

Leave A Reply

Your email address will not be published.