Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Kondisi Mental Rentan Drop, Ini Peran Caregiver Bagi Pasien Kanker

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Kekurangan kadar vitamin D berpotensi sebabkan gejala lebih buruk akibat infeksi Covid-19, termasuk varian Omicron. Temuan itu berasal dari studi yang dilakukan oleh para peneliti di Bar Ilan University dan Galilee Medical Center (GMC). Seperti diketahui bahwa gejala omicron sendiri memang mirip dengan tanda seorang terkena flu. 

Tim melihat catatan kesehatan pasien hingga bertahun-tahun sebelum mereka dinyatakan positif Covid-19. 

Pengukuran tingkat vitamin D tersedia untuk 253 pasien Covid-19 dewasa dari April 2020 hingga Februari 2021. Dari mereka, 52 persen di antaranya kekurangan vitamin D, dengan kadar di bawah 20ng/mL.

Selanjutnya 14 persen memiliki kadar yang tidak mencukupi (20-30ng/mL), 17 persen memiliki kadar yang memadai (30 hingga 40ng/mL), dan 16 persen memiliki kadar normal yang tinggi (lebih dari 40ng/mL).

Baca Juga:
Antisipasi Lonjakan Omicron di Jawa Tengah, Ini yang akan Dilakukan Ganjar Pranowo

Ilustrasi virus corona. [Antara]
Ilustrasi virus corona. [Antara]

Para peneliti mengatakan bahwa mereka dapat menentukan kondisi pasien hanya berdasarkan usia dan kadar vitamin D.

Pasien yang kekurangan vitamin D kemungkinan 14 kali mengalami gejala Covid-19 yang parah atau kritis, dibandingkan mereka yang memiliki lebih dari 40 ng/mL, menurut penelitian tersebut.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal peer-review PLOS One itu juga mengkonfirmasi teori sebelumnya bahwa vitamin D dapat menawarkan perlindungan terhadap virus.

“Apa yang kami lihat ketika Vitamin D membantu orang dengan infeksi Covid adalah hasil dari efektivitasnya dalam memperkuat sistem kekebalan untuk menghadapi patogen virus yang menyerang sistem pernapasan,” kata Dokter Dror mengatakan kepada Times of Israel.

“Ini sama-sama relevan untuk Omicron seperti untuk strain sebelumnya,” imbuh Dror.

Baca Juga:
Covid-19 Meningkat, Gelaran IIMS Hybrid 2022 Diundur ke 31 Maret – 10 April 2022

Baca :  Meski Sudah Setahun Sembuh dari Covid-19, Gadis Remaja Ini Tetap Alami Kondisi Melemahkan

Para peneliti menyimpulkan kalau riwayat kekurangan vitamin D pasien menjadi faktor risiko prediktif yang terkait dengan perjalanan penyakit klinis Covid-19 lebih buruk atau bahkan hingga kematian.

Leave A Reply

Your email address will not be published.