Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Dikira Turun Berok, Ternyata Tonjolan di Tubuh Pria Ini Berisi Organ Reproduksi Wanita

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Varises atau pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena tidak hanya terjadi di kaki, tapi juga bisa terjadi pada testis atau buah zakar, yang disebut sebagai varikokel.

Dijelaskan Spesialis Urologi RS Eka Hospital, dr. Regi Septian, M.Kes, Sp.U, bahwa varikokel umumnya tidak disadari penderitanya. Padahal, varikokel bisa menurunkan fungsi testis pada lelaki, dan akhirnya mempengaruhi kesuburan.

“Varikokel adalah dilatasi pleksus pampiniformis dan vena spermatika interna, sering dikenal sebagai varises testis,” ujar dr. Regi dalam acara diskusi Eka Hospital Group bersama SehatQ, Sabtu (26/2/2022).

Dr. Regi menambahkan, varises testis ini terjadi pada 15 hingga 20 persen, dan 40 persen di antaranya menyebabkan masalah kesuburan, infertilitas atau sulit memiliki keturunan.

Baca Juga:
Dikira Turun Berok, Ternyata Tonjolan di Tubuh Pria Ini Berisi Organ Reproduksi Wanita

“Ini karena varikokel jadi penyebab paling umum dari penurunan kualitas sperma pada semen atau cairan ejakulasi,” jelas dr. Regi.

Alhasil, karena kualitas sperma menurun, jadi lebih sulit untuk membuahi sel telur, dan peluang memiliki buah hati sangat rendah.

Meski kerap tidak bergejala atau asimtomatik, varises testis bisa diiringi perasaan nyeri di buah zakar atau bagian pangkal testis, atau perasaan berat dan pegal di bagian kemaluan atau testis.

“Saat dilakukan pemeriksaan fisik, bentuknya serupa seperti kantung yang berisi kumpulan cacing besar,” papar dr. Regi.

Varises testis juga memiliki derajat keparahan mulai dari grade 1, 2, dan 3. Semakin besar derajat keparahannya, maka semakin perlu mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca Juga:
Pengertian dan Fungsi Testis sebagai Organ Reproduksi

Umumnya, prosedur diagnosis penyakit ini perlu berbagai langkah pemeriksaan sebagai berikut:

Baca :  Hentikan Kebiasaan Pakai Gel Rambut dan Hairspray, Ini Lho Dampaknya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.