Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Studi: Jenis Kelamin Ahli Bedah Memengaruhi Hasil Kesehatan Pasien Pascaoperasi

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Yang kita tahu, tomat adalah salah satu makanan dengan nutrisi luar biasa yang banyak dicari orang. Manfaatnya tidak main-main, termasuk mencegah kanker prostat, salah satu jenis kanker yang paling ditakuti kaum lelaki.

Tapi tahukah Anda, ternyata tomat tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak. Sebuah penelitian mengungkap bahwa terlalu banyak makan tomat justru dapat menimbulkan efek samping yang mengejutkan.

Meski tentu saja manfaat tomat lebih besar daripada efek berbahayanya, Anda tak boleh berlebihan dalam mengonsumsinya. Dilansir dari Healthshots, ahli gizi Avni Kaul membuat daftar 5 efek buruk tomat pada kesehatan. Ini dia:

1. Batu ginjal

Baca Juga:
Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Minumlah Jus Merah Ini Tiap Hari!

Beberapa senyawa dalam tomat sulit dipecah oleh cairan pencernaan manusia. Tomat kaya akan kalsium dan oksalat yang sering tidak tercerna dan tidak dikeluarkan dari tubuh. Mineral ini bisa disimpan dan menyebabkan pembentukan batu ginjal.

2. Mulas

Sifat asam tomat dapat menyebabkan mulas dan refluks asam jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak.

“Jika Anda sering menderita asam lambung atau GERD (penyakit refluks gastroesofageal), Anda perlu memperhatikan dosis tomat yang dimakan,” kata Kaul, yang merupakan pendiri Nutri Activania.

3. Nyeri sendi

Baca Juga:
4 Manfaat Tomat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Yuk Konsumsi Rutin

Konstituen alkaloid tomat yang disebut solanin adalah penyebab rasa sakit dan pembengkakan pada persendian. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan kalsium di jaringan dan membuat sendi jadi meradang. Jika Anda memiliki masalah persendian, Anda harus membatasi makan tomat.

Baca :  Viral! Influencer Minum Darah Menstruasi Karena Diklaim Baik Untuk Kesehatan
Leave A Reply

Your email address will not be published.