Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  WHO Akan Dirikan Pusat Latihan Pembuatan Vaksin Covid-19 mRNA Untuk Negara Menengah, Indonesia Ikut?

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Minyak kayu putih, dikenal sejak lama sebagai salah satu minyak yang ampuh untuk mengatasi dan meringankan keluhan kesehatan. Manfaat minyak kayu putih sendiri sangat banyak, dan tak terbatas pada sekedar menghangatkan tubuh saja.

Beberapa manfaat minyak kayu putih, bisa Anda lihat secara langsung di bawah ini.

1. Melegakan Saluran Pernapasan

Kandungan dekongestan yang ada di dalam minyak kayu putih dapat membantu melegakan saluran pernapasan. Hal ini juga didukung dengan keberadaan senyawa sineol. Anda tinggal menggosokkan ke dada atau leher, atau menghirup uapnya secara langsung dengan meneteskan ke air hangat.

Baca Juga:
4 Penyebab Pilek Tak Kunjung Sembuh, Salah Satunya Pneumonia

2. Membantu Meredakan Nyeri Sendi

Selanjutnya, manfaat kayu putih juga dapat dirasakan untuk meringankan keluhan nyeri sendiri. Pernah melihat orang-orang tua mengoleskan minyak kayu putih saat merasa pegal? Hal ini benar adanya, karena ada sineol yang bisa menghangatkan area persendian.

3. Membantu Mengencerkan Dahak

Ketika Anda merasakan batuk berdahak atau pilek, penggunaan minyak kayu putih bisa membantu mengencerkan dahak dan mengeluarkannya dengan mudah. Melegakan hidung tersumbat jadi kegunaan lain, tapi utamanya, membantu mengencerkan dahak.

4. Membantu Meringankan Sakit Kepala

Baca Juga:
Omicron Dapat Menampakkan Gejala di Kulit, Ini 3 Tandanya!

Kembali, kandungan sineol jadi kandungan utama yang berperan dalam manfaat keempat ini. Sensasi hangat yang diberikan dapat membantu menenangkan pemakainya, dan mengurangi sakit kepala yang mengganggu.

Ilustrasi Minyak Kayu Putih (pixabay)
Ilustrasi Minyak Kayu Putih (pixabay)

5. Menjauhkan Gangguan Serangga

Pada anak-anak, penggunaan minyak kayu putih tak hanya membantu menghangatkan tubuh, tapi juga membantu menghindarkan anak-anak dari serangan serangga. Baunya yang khas membuat serangga tak mau mendekat, sehingga meminimalisir resiko virus yang dibaw serangga.

Baca :  Studi: Fragile Masculinity Bikin Perempuan Banyak Berkorban, Pura-pura Orgasmes Sampai Rela Jaga Perasaan Pasangan

6. Membantu Menghilangkan Bekas Jerawat

Percayakah Anda bahwa minyak kayu putih dapat membantu menghilangkan bekas jerawat? Hal ini diduga karena kandungan di dalamnya, yang dapat membantu meremajakan kulit. Tinggal dicampur dengan gel lidah buaya, lalu oleskan ke bekas jerawat secara rutin.

7. Meredakan Sakit Gigi

Cukup mudah, kamu bisa mengurangi rasa nyeri pada sakit gigi dengan meneteskan beberapa tetes minyak kayu putih pada bola kapas, lalu ditempelkan pada gigi yang sakit. Sensasi nyaman akan didapatkan, dan efeknya cukup lama.

Itu tadi beberapa manfaat minyak kayu putih yang bisa Anda dapatkan, selain dari menghangatkan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat, dan pastikan semua manfaat di atas dengan berkonsultasi dengan dokter kepercayaan Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.