Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Jangan Diabaikan, Ini 4 Tanda Nyeri Haid Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius!

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Ibu yang baru melahirkan tak boleh sedikit pun mengabaikan masalah kesehatan, termasuk keluhan minor seperti sakit punggung.

Sakit punggung pada ibu baru melahirkan bisa terjadi karena beberapa hal seperti postur tubuh yang buruk, ketidakseimbangan hormon atau bahkan kelemahan otot pasca-operasi caesar.

Dikutip dari Hindustan Times, kasus nyeri punggung pascamelahirkan merupakan hal umum yang memengaruhi sekitar 70 persen ibu baru. Namun jika tidak diobati tepat waktu, masalah nyeri punggung itu bisa berlangsung selama beberapa dekade.

Seorang Fisioterapis Eksekutif dari Cloudnine Group of Hospitals, Patparganj, di New Delhi, Shikha Kumari memberikan tips tentang cara mengatasi sakit punggung pada ibu baru melahirkan berikut ini:

Baca Juga:
Ciri-ciri Kucing Demam dan Apa yang Sebaiknya Dilakukan Segera Oleh Pemilik

Ilustrasi Ibu Menyusui (Pixabay.com)
Ilustrasi Ibu Menyusui (Pixabay.com)

1. Perbaiki Postur Duduk
Ibu baru harus menyusui anak-anak mereka secara berkala, sementara postur duduk yang salah dapat menyebabkan sakit punggung. Coba duduk dengan penyangga punggung, dan tutupi celah dengan bantal atau gulungan handuk

2. Jaga Punggung Tetap Lurus
Saat menyusui bayi, pastikan punggung lurus dan ditopang. Jangan membungkuk terlalu lama dan ebih baik dekatkan bayi dengan Anda

Dalam kasus persalinan normal, pasien cenderung duduk dengan postur bungkuk karena efek jahitan. kalau sudah begitu, coba menggunakan bantal untuk duduk tegak lurus.

3. Olahraga
Ibu baru dapat melakukan olahraga ringan yang dapat menguatkan punggung sesaat setelah melahirkan. Aktivitas ringat yang bisa dilakukan seperti bridging panggul, memiringkan panggul, latihan kegel, atau bisa berjalan-jalan untuk menghilangkan kekakuan.

Baca Juga:
5 Macam Gangguan Kesehatan saat Hamil serta Cara Mengatasinya

Baca :  Berisiko Picu Infeksi Mematikan, Segera Hentikan Kebiasaan Menggigit Kuku!
Leave A Reply

Your email address will not be published.