Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Alat Kontrasepsi IUD Hormonal Lebih Efektif Mencegah Kehamilan daripada Tubektomi

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – IUD merupakan salah satu alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan. Hanya saja, banyak wanita belum paham mengenai prosedur pemasangan IUD.

Seorang bidan pun menunjukkan proses pemasangan IUD melalui unggahan TikTok. Ia menunjukkan hal-hal yang terjadi selama pemasangan IUD.

Dalam satu gerakan cepat, ia memasukkan IUD itu ke dalam rahim seorang wanita menggunakan sebuah tabung kecil.

Kemudian ia mendorong IUD itu keluar dari bagian atas tabung sambil menariknya ke bawah.

Baca Juga:
Yuni Shara Akui Rutin Kumur Air Garam, Benarkah Bisa Lawan Virus Corona Covid-19?

Saat IUD keluar, palang di bagian atas terbuka sehingga membentuk huruf T. Bidan melepaskan selang, meninggalkan tali yang menempel pada kumparan untuk dilepas.

Ilustrasi IUD. (Shutterstock)
Ilustrasi IUD. (Shutterstock)

Bidan itu pun menjelaskan bila pemasangan IUD sudah benar, maka alat kontrasepsi ini 99 persen efektif mencegah kehamilan.

Ia juga menegaskan bahwa IUD ini hanya bisa dilepas oleh seorang profesional. Setelah pelepasan IUD ini, seseorang memiliki peluang besar untuk hamil.

IUD ini mirip dengan kumparan, tapi bedanya adalah IUD melepaskan tembaga ke dalam rahim dan melepaskan hormon progesteron.

“Tembaga IUD ini mengubah lendir serviks agar membuat sperma lebih sulit mencapai sel telur dan bertahan hidup. Tembaga ini pula bisa menghentikan sel telur yang bisa dibuahi menanamkan dirinya sendiri,” jelas bidan tersebut dikutip dari The Sun.

Baca Juga:
Menyusui dan Vaksinasi Covid-19 pada Busui Akan Melindungi Bayi dari Infeksi Virus Corona

Jika Anda memasang IUD usia 40 tahun atau lebih, IUD ini bisa dibiarkan sampai Anda mencapai menopause atau kondisi di mana Anda tidak bisa hamil lagi.

Baca :  3 Bahan yang Ampuh Mengobati Jerawat Menurut Dermatolog, Salah Satunya Vitamin A
Leave A Reply

Your email address will not be published.