Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Tanggapi Kontroversi Ceramah Oki Setiana Dewi, Komnas Perempuan: KDRT Bisa Berujung Kematian!

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Komisi Nasional Perempuan mengkritik isi materi ceramah aktris sekaligus ustazah Oki Setiana Dewi, yang terkesan melarang istri untuk ‘mengumbar aib pasangan’ meski sudah masuk kategori Kekerasan Dalam Rumah Tangga atau KDRT.

Siti Aminah Tardi, Komisioner Komnas Perempuan mengatakan, jika ragu menyelesaikan lewat ranah hukum berdasarkan undang undang penghapusan kekerasan seksual dalam rumah tangga (UU PKDRT), maka berbicara dengan orangtua bisa jadi tameng pertama untuk korban KDRT.

“Maka prosedur penyelesaiannya bisa dengan bicara ke orangtua. Orangtua punya hak atas anaknya sebagai wali, sehingga orangtua bisa menegur atau membantu penyelesaian masalahnya,” ujar Aminah saat dihubungi suara.com, Kamis (3/2/2022).

Sehingga, lanjut Aminah, ia tidak setuju dengan materi ceramah pemeran film Ketika Cinta Bertasbih itu, yang mengatakan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) tidak boleh diadukan ke orangtua, dengan dalih telah mengumbar aib keluarga.

Baca Juga:
Kesal Cari Uang tak Ketemu, Suami Tinju Wajah Istri Sampai Berdarah

Menurut Aminah, dengan melapor pada orangtua saat menjadi korban kekerasan, menjadi salah satu solusi untuk menyelesaikan masalah, termasuk menegur jika pertengkaran dalam rumah tangga dibarengi perilaku KDRT.

“Rumah tangga pasti ada masalah, tapi penyelesaiannya tidak boleh dengan kekerasan,” terang Aminah.

Selain itu, jika korban KDRT sudah di tahap melapor pada orang terdekat termasuk orangtua, itu adalah salah satu cara si korban meminta pertolongan.

Sehingga kata Aminah, lingkungan sosial juga harus ikut membantu korban, jangan sampai karena ada stigma mengumbar aib keluarga, korban tidak berani melapor, yang akhirnya kekerasan semakin parah dan nyawa korban bisa melayang.

“Jadi menceritakan kepada orangtua itu adalah bagian dari upaya menjaga agar rumah tangga itu,  bukan aib, tapi sama-sama saling menjaga,” tegas Aminah.

Baca :  Pernah Positif Covid-19 Varian Delta, Masih Mungkin Enggak Sih Terinfeksi Omicron? Begini Penjelasan Studi

Baca Juga:
Propam Periksa Anggota Polda Metro Jaya yang Diduga Pakai Narkoba dan KDRT ke Istri

Sekadar informasi, potongan video materi ceramah Oki Setiana Dewi sebagai ustazah beredar viral di Twitter.

Dalam ceramahnya ia mengatakan bahwa pertengkarang suami istri hingga membuat istri ditampar suami merupakan sebagai aib. Sehingga tidak perlu diceritakan kepada orang lain, bahkan disarankan tidak mengadu ke orangtua.

Leave A Reply

Your email address will not be published.