Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Terpopuler: Kontak Erat Tapi Hasil Negatif Mesti Isoman Hingag Gejala Omicron Pada Anak

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Menyambut kelahiran buah hati perlu dipersiapkan dengan baik, salah satunya terkait biaya menjangkau layanan kesehatan. Biaya vaksin lengkap untuk bayi hingga balita berusia lima tahun tidaklah murah.

Dengan jumlah vaksin yang banyak, tak semuanya mendapatkan subsidi dari pemerintah. Beberapa rumah sakit bahkan mematok harga paket vaksin untuk anak usia 0-12 bulan hingga Rp5 juta. Berikut rincian jenis-jenis vaksinasi yang perlu diberikan kepada bayi dan balita yang diwajibkan oleh pemerintah. 

1. Hepatatis B

Vaksin Hepatitis B diberikan untuk mencegah virus penyebab penyakit hepatitis B. Penyakit yang menyerang hati ini bisa menyebabkan komplikasi serius bagi anak balita. Vaksin Hepatitis B diberikan empat kali saat bayi baru lahir, kemudian berusia 2, 3, dan 4 bulan. Estimasi harganya adalah Rp120.000 untuk sekali vaksin. Itu berarti vaksinasi lengkap hepatitis b memerlukan biaya Rp480.000. 

Baca Juga:Perkiraan Biaya Perawatan Gigi Lengkap dengan Behel, Siapkan Uang Segini

2. Tuberkulosis (BCG)

Vaksin BCG akan mencegah tuberkulosis yang menyerang saluran pernapasan, kelenjar getah bening, saluran cerna, dan ginjal. Vaksin BCG diberikan sekali ketika bayi berusia sekitar tiga bulan dengan kisaran biaya Rp375.0000. 

3.  Polio 

Polio menyerang sistem saraf di otak dan tulang belakang. Vaksinasi Polio di Indonesia biasanya berbentuk tetes yang diberikan hingga empat kali. Vaksin pertama diberikan saat bayi baru lahir, kemudian menyusul saat usia 2,3, dan 4 bulan. Biayanya sekitar Rp300.000 untuk sekali vaksin. Jika diakumulasikan maka persiapan dana hanya untuk vaksin ini adalah Rp1,2 juta. 

3. Campak

Baca Juga:Bontang Enggak Dapat Jatah, Pemprov Kaltim Siapkan 10 Ribu Dosis Vaksin DBD

Campak merupakan penyakit yang ditandai dengan diare, gangguan pernapasan, serta peradangan pada otak. Vaksin ini diberikan tiga kali di usia 9 bulan, 18 bulan, dan 6 tahun dan tergintegrasi dengan vaksin MMR untuk mencegah gondong, campak, dan rubella. Anak yang memperoleh vaksin MMR bisa melakukan vaksinasi campak hanya dua kali di usia 9 dan 18 bulan. Biayanya sekitar Rp155.000 sekali suntik. 

Baca :  Dukung Penelitian Penanganan Pandemi, Indonesia Investasi Hingga Rp 71,5 Miliar

Leave A Reply

Your email address will not be published.