Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Viral Perjuangan Kakek Sholat di Masjid Pakai Kursi Plastik, Warganet: Tamparan Buat Kita

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Telinga publik kini dimanjakan dengan frasa viral di TikTok ‘Puh, sepuh’ yang terngiang-ngiang. Memang apa arti pu sepuh sebenarnya?

Adapun frasa tersebut bahkan hingga jadi meme trending dan diulang-ulang di berbagai konten yang beredar di media sosial. Frasa ‘Sepuh’ juga kini menjadi sound TikTok dan Instagram Reels yang bermuatan jenaka.

Lantas, apa arti sepuh sebenarnya?

Mengungkap arti puh sepuh

Baca Juga:Arti Mimpi Punya Kekuatan Super Ternyata Malah Lagi Tak Pede

Sepuh merupakan sebuah kata yang diambil dari bahasa Jawa yang berarti tua atau dituakan.

Kata sepuh oleh masyarakat Jawa digunakan untuk menunjuk seorang lansia, orang tua, atau orang yang memiliki kedudukan lebih tinggi dan cenderung dihormati.

Sepuh juga umumnya merujuk ke sosok yang dipandang sebagai panutan bagi kelompok masyarakat Jawa.

Sepuh dalam konteks kekinian digunakan oleh para pemuda untuk merujuk kepada orang yang memiliki kemampuan hebat sehingga diperlakukan layaknya seorang sepuh yang dihormati.

Asal muasal sepuh jadi trending

Baca Juga:Ini Daftar Lagu Viral di TikTok Terbaru, Dijamin Langsung FYP!

Kata sepuh dan frasa ‘puh, sepuh’ pertama kali diperkenalkan oleh seorang kreator konten TikTok bernama Edgar.

Edgar membuat konten yang ditujukan untuk orang-orang yang umumnya merendah dan meminta para sepuh untuk mengajari mereka sebuah kemampuan.

“Aku mah masih pemula, ajarin dong puh, sepuh,” ujar Edgar dalam konten viralnya. 

Disinyalir, bahwa konteks Edgar mengatakan frasa tersebut adalah kritik ke para pengguna media sosial yang kerap merendahkan kemampuan mereka sendiri untuk memamerkan karya mereka.

Frasa ‘Aku masih pemula’ dan ‘Ajarin dong sepuh,’ kerap digunakan oleh anggota komunitas seni di media sosial seperti Facebook.

Baca :  Cara Melihat Hujan Meteor Perseid 2023, Puncaknya 12 - 13 Agustus

Umumnya, seorang seniman digital mengunggah karyanya di grup komunitas seni beserta caption ‘Aku masih pemula’ dan ‘Ajarin dong sepuh,’ untuk merendahkan diri dengan tujuan memamerkan kemampuan mereka.

Berkat sikap merendah tersebut, muncul juga frasa ‘Penampakan inti bumi,’ yakni menganalogikan sosok yang merendah tersebut merendahkan diri dan kemampuannya hingga ke inti bumi.

Usai konten Edgar viral, kalimat tersebut menjadi sound TikTok dan Instagram Reels yang dipasang di berbagai konten jenaka.

Viralnya kata sepuh juga melahirkan berbagai frasa serupa yang beredar di media sosial.

Sebelum frasa ini viral, sempat beredar juga istilah suhu, yang memiliki arti yang sama namun berasal dari bahasa yang digunakan oleh masyarakat Tionghoa.

“Asilnya cupu, padahal suhu,” berikut bunyi frasa yang mendahului frasa “Aku mah masih pemula, ajarin dong puh, sepuh,” dan kerap digunakan di konteks serupa.

Kontributor : Armand Ilham

Leave A Reply

Your email address will not be published.