Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Bantu Jaga Kesehatan Kulit Pinggang Bayi, MAKUKU SAP Diapers Pro Care Hadirkan Fitur Bubble Belt Pertama di Indonesia

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Bayi yang sudah mendapat makanan pendamping ASI atau MPASI sangat butuh nutrisi seimbang agar tumbuh kembangnya terjadi secara optimal. Tidak hanya zat gizi makro berupa karbohidrat, protein, dan lemak, bayi juga perlu zat gizi mikro seperti vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya.

Berbagai zat gizi mikro bisa didapat dari satu jenis makanan tertentu, seperti keju. Dokter spesialis anak dr. Citra Amelinda, Sp.A., mengatakan bahwa keju bisa jadi pilihan bahan pembuatan MPASI karena bisa jadi sumber kalsium, lemak, juga vitamin lainnya.

“Pemilihan keju untuk bayi juga harus di bawah 100 mg,” ujar dokter Citra, dalam keterangan pers Belcube, Rabu (2/7/2023).

Ia menyarankan MPASI dengan campuran keju sebaiknya dibuat dengan tekstur yang mudah diremas oleh jari bayi

Baca Juga:Duh! Kebelet Jadi Influencer, Pasutri Muda Tega Jual Bayi 8 Bulan demi Beli iPhone 14

“Artinya, bisa digigit pakai rahang yang belum ada giginya,” imbuhnya.

Ilustrasi MPASI (Elements Envato)
Ilustrasi MPASI (Elements Envato)

Contoh bahan MPASI, lanjutnya, bisa memakai beras, daging, sepotong keju, ditambah daun salam dan lengkuas untuk menambah cita rasa pada makanan. Apabila dimasak menggunakan slow cooker, dokter Citra mengingatkan untuk pastikan suhu berada di atas 60 derajat.

Menyadari keju bisa jadi salah satu bahan pembuat MPASI, Belcube memastikan kalau olahan keju yang disajikan kepada masyarakat sudah padat nutrisi dan berguna untuk mencegah stunting pada anak.

Brand Representative Belcube Claudya Abednego mencatat kalau angka stunting di Indonesia masih sangat tinggi dengan 21.6 persen. Selain itu, rata-rata masyarakat di Asia Tenggara, terutama Indonesia, mengalami kekurangan nutrisi paling banyak Kalsium, Vitamin A, Vitamin D, dan Zat Besi.

Padahal keempat zat gizi itu mudah didapatkan dari protein hewani, termasuk susu, keju, dan yoghurt.

Baca :  Bolehkah MPASI Ditambahkan Penyedap Rasa? Ahli Gizi Ungkap yang Boleh Hanya Dua Bumbu Dapur Ini

Baca Juga:50 Nama Bayi Berawalan Huruf I Dari Bahasa Sansekerta, Nama Ifrith Ternyata Bermakna Peri

“Ironinya di Indonesia itu konsumsi susu dan turunannya, yang terendah di Asean per kapita sehingga banyak anak yang harus menderita stunting. Belcube merasa ini salah satu masalah yang bisa diatasi karena semua anak-anak di Indonesia berhak mendapatkan nutrisi yang baik dari orang tua,” ujar Claudya.

Claudya menambahkan bahwa Belcube menawarkan keju yang tinggi kalsium, tinggi protein, dan rendah garam sehingga aman dikonsumsi anak-anak, bahkan bayi yang baru memulai MPASI.

Leave A Reply

Your email address will not be published.