Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Cari Logo Ini pada Label Pangan Agar Terhindar dari Risiko Penyakit Tidak Menular

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Dengan semakin meningkatnya kasus obesitas dan gaya hidup yang tidak aktif, sangatlah penting untuk mempromosikan aktivitas fisik saat ini. Olahraga secara teratur tidak hanya mencegah penyakit jantung, tetapi juga mengurangi kematian dini pada orang dengan penyakit jantung kronis.

Hal ini dikatakan Profesor Antonio Pelliccia, Kepala Kardiologi Institute of Sports Medicine and Science, Roma, Italia.

Namun, banyak yang khawatir olahraga justru bisa memicu serangan jantung. Benarkah?

“Kemungkinan olahraga yang memicu serangan jantung sangat rendah,” kata Profesor Sanjay Sharmdari St. George’s, University of London, Inggris.

Baca Juga:
Kasus Covid-19 Terus Melonjak, Pemkot Jakbar Siapkan GOR di Tiap Kecamatan Jadi Tempat Isolasi

“Orang-orang yang benar-benar tidak aktif dan mereka yang memiliki penyakit jantung harus berkonsultasi dengan dokter mereka sebelum melakukan olahraga,” katanya.

Sama seperti orang dewasa yang sehat dari segala usia, orang dengan penyakit jantung harus berolahraga hampir setiap hari, dengan total setidaknya 150 menit per minggu latihan intensitas sedang.

Untuk orang yang mengalami obesitas atau memiliki tekanan darah tinggi atau diabetes, direkomendasikan untuk melakukan olahraga yang melatih kekuatan (misalnya, mengangkat beban ringan) setidaknya tiga kali seminggu, ditambah latihan aerobik sedang atau berat, seperti bersepeda, berlari, atau berenang.

Penyakit arteri koroner adalah jenis penyakit jantung yang paling umum dan disebabkan oleh penumpukan timbunan lemak di dinding bagian dalam arteri. Jika arteri menjadi benar-benar tersumbat, ini dapat menyebabkan serangan jantung.

“Orang dengan penyakit arteri koroner yang ingin berolahraga untuk pertama kalinya harus menemui dokter mereka terlebih dahulu,” kata Profesor Pelliccia.

Baca Juga:
Bulatkan Tekad Gerak Lebih Banyak, Ini 6 Manfaat Luar Biasa Olahraga untuk Kesehatan Tubuh!

Baca :  Demi Punya Anak Laki-Laki karena Takut Ditinggal Suami, Wanita Hamil Ini Rela Kepalanya Dipaku

“Tujuannya adalah untuk menyesuaikan intensitas aktivitas sesuai dengan risiko individu yang menyebabkan kejadian akut seperti serangan jantung,” katanya lagi, melansir dari laman Escardio.

Leave A Reply

Your email address will not be published.