Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Bumil Jangan Bandel! 5 Pola Makan saat Puasa Ramadhan Demi Kesehatan Jabang Bayi

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Orang dengan riwayat GERD harus menjaga pola makan dan gaya hidup agar tidak kambuh.
Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Profesor Ari Fahrial Syam mengatakan, ada sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari pengidap GERD agar asam lambung tidak naik.

“Beberapa di antaranya, daging merah itu akan meningkatkan frekuensi asam lambung. Sebaiknya makan ikan,” kata Profesor Ari dalam diskusi virtual beberapa hari lalu.

Ia menambahkan, pengidap GERD jangan terlalu banyak atau bahkan sebaiknya menghindari makanan tinggi lemak seperti daging merah, keju, juga cokelat. Sebab, lemak berpotensi meningkatkan asam lambung.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu menyarankan pengidap GERD lebih aman konsumsi daging putih, seperti ikan dan ayam.

Baca Juga:
Dokter Sebut GERD dan Maag Bisa Disembuhkan, Ini yang Harus Dilakukan

“Ayam juga harusnya ayam kampung. Hindari makanan asin, itu selalu saya sampaikan ke pasien anjuran tersebut. Ketika dia lupa, balik lagi, ada kemungkinan GERD kambuh,” tuturnya.

Keju termasuk makan yang perlu dihindari, selain karena tinggi lemak, Profesor Ari menjelaskan bahwa makanan tersebut menyebabkan pengosongan lambung jadi lebih terlambat.

Sehingga lambung akan terus penuh dan berpotensi sebabkan asam lambung naik ke kerongkongan.

“Kalau pengosongan lambung lambat, makanan akan di situ (lambung). Apalagi kalau selesai makan langsung tiduran, akhirnya kumulatifnya jadi refluks terjadi,” jelasnya.

Baca Juga:
Awas! Konsumsi Suplemen Vitamin Secara Berlebihan Bisa Sebabkan GERD Kambuh

Baca :  7 Ciri Gejala Omicron Pada Anak yang Sering Muncul, Orangtua Mesti Tahu Sejak Awal
Leave A Reply

Your email address will not be published.