Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Sakit di Belakang Lutut Saat Terlalu Lama Berdiri Tanda Penyakit Apa?

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Seorang mahasiswa berusia 19 tahun menderita sepsis dan kehilangan kaki dan jarinya setelah makan sisa makanan. Dr. Bernard Hsu, seorang ahli toksikologi berlisensi, menjelaskan bagaimana pemuda itu menglami sakit parah setelah makan makanan sisa yang tercemar, termasuk lo mein, ayam, dan nasi.

“Ini adalah kecelakaan aneh yang terjadi dalam rangkaian peristiwa badai yang sempurna,” kata Hsu, yang tidak merawat pria itu, dalam video YouTube pada 16 Februari.

Kasus remaja itu pertama kali dilaporkan pada Maret 2021 di New England Journal of Medicine. Dalam laporan itu dirinci bagaimana dia dirawat di Rumah Sakit Umum Massachusetts karena dia menderita “syok, kegagalan organ ganda, bintik-bintik kulit, dan ruam retikuler yang progresif cepat.” Demikian seperti dilansir dari NY Post, Rabu, (23/2/2022). 

Ilustrasi memebereskan sisa makanan. (Shutterstock)
Ilustrasi memebereskan sisa makanan. (Shutterstock)

“Pasien masih sehat sampai 20 jam sebelum masuk ini, ketika sakit perut menyebar dan mual berkembang setelah dia makan nasi, ayam, dan sisa makanan dari restoran,” kata outlet tersebut.

Baca Juga:
Satu Keluarga di Bogor Disekap Kawanan Maling, Sempat Ikut Makan dan Ngopi di Rumah Korban Sebelum Curi Kerbau

“Beberapa episode emesis [muntah] terjadi, dengan muntah yang berwarna empedu atau merah-coklat. Sakit perut dan muntah diikuti dengan perkembangan menggigil, kelemahan umum, semakin memburuknya mialgia difus [nyeri otot], nyeri dada, sesak napas, sakit kepala, leher kaku, dan penglihatan kabur,” tambahnya.

Suhu pekerja restoran paruh waktu itu lebih dari 105 derajat Fahrenheit, detak jantungnya 166 detak per menit dan laju pernapasannya 28 napas per menit, kata jurnal medis.

“Ruam purpura reticular [netlike] difus muncul di wajah, dada, perut, punggung, lengan, dan kaki, kecuali telapak tangan dan telapak kaki,” tambahnya.

Baca :  Bukan Hanya Bernapas dan Butuh Makan, Ini 8 Karakteristik Makhluk Hidup

Dia menjalani tes darah dan urin dan didiagnosis dengan infeksi bakteri yang disebut Neisseria meningitidis, yang menyebabkan darahnya membeku dan hatinya gagal.

Nekrosis kulitnya dikatakan disebabkan oleh “purpura fulminans,” komplikasi parah septikemia meningokokus. Dokter menemukan bahwa dia hanya menerima satu dari tiga dosis vaksin konjugat meningokokus tanpa booster, dan hanya menerima satu dosis vaksin meningokokus serogrup B dari dua atau tiga yang direkomendasikan oleh CDC, Newsweek melaporkan.

Baca Juga:
Lapar Melanda saat Kelas Online, Aksi Wanita Makan Diam-Diam Ini Malah Berakhir Memalukan

Setelah bagian dari semua jari dan kakinya diamputasi di bawah lutut, lelaki itu melanjutkan untuk “pemulihan yang relatif baik.”

Leave A Reply

Your email address will not be published.