Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Berencana Punya Anak dalam 5 Tahun Mendatang? Lakukan Langkah-langkah Meningkatkan Kesuburan Ini

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Tinggal di Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan agama, maka sudah wajib hukumnya mengajarkan toleransi kepada anak, agar bisa bersosialisasi dengan anak-anak dari suku dan agama yang berbeda.

Meski terdengar mudah, praktiknya mengajarkan anak toleransi cenderung lebih menantang, karena masih banyaknya pandangan yang membeda-bedakan suku dan agama.

Penulis dan Pegiat Toleransi, Kalis Mardiasih mengakui meski tidak mudah, namun orangtua bisa mengajarkan nilai-nilai toleransi pada anak sedini mungkin, melalui 3 cara sebagai berikut:

1. Buka Kesempatan Anak Berteman dengan Siapapun

Baca Juga:
Tak Dikasih Uang, Pemuda di Binjai Sumut Tega Bakar Rumah Orang Tua

Ilustrasi anak TK yang sekolah di masa pandemi. (Pexels)
Ilustrasi anak TK yang sekolah di masa pandemi. (Pexels)

Menurut Kalis, ini adalah cara yang paling mudah karena anak akan merasa terikat dan memiliki hubungan pertemanan, tanpa melihat asal suku, ras dan agama anak tersebut.

Seiring waktu berjalan, ia juga akan mulai mengerti perbedan jenis ibadah, cara berbicara, hingga warna kulit yang berbeda, dan ia bisa menolerasinya, bisa mengerti, serta bisa menerima perbedaan tersebut.

“Anak-anak itu belajar dengan praktik ini, belajar dengan sederhana kerjasama antar anak, dan anak itu beragam, dan memberikan pertolongan kepada teman yang berbeda dan sebagainya,” papar Kalis.

2. Izinkan Anak Bertanya

Sudah jadi sifat dan bawaan anak, mereka memiliki rasa penasaran dan ingin tahu yang tinggi. Sehingga setelah berteman dengan anak dari berbagai suku dan agama, maka ia akan banyak dapat informasi dan pengetahuan.

Baca Juga:
Soal Pendirian Rumah Ibadah Multi Agama di Kampus, Menag Yaqut: Ini Gerakan Simbolis

Setelahnya, biasanya anak akan bertanya pada orangtua maupun guru, dengan apa yang membuat ia penasaran tentang perbedaan asal ras, suku hingga agama yang dianut temannya.

Baca :  Dapat Mempengaruhi Perkembangan Janin, Ibu Hamil Jangan Lupa Penuhi Asupan Yodium

Leave A Reply

Your email address will not be published.