Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Jangan Abaikan Kebiasaan Buang Air Besar Setelah Makan, Bisa Jadi Ini Tanda Masalah Kesehatan!

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Usus adalah organ tubuh yang penting untuk memecag makanan dan memindahkan limbah yang tidak tercerna menuju rektum sehingga keluar dari tubuh.

Kanker usus mengacu pada jenis kanker yang dimulai dari usus besar. Kondisi ini bisa disebut kanker usus besar atau kanker dubur tergantung pada asalnya.

Gejala kanker usus ini pun bisa muncul ketika seseorang buang air ke toilet. Ada sejumlah tanda yang menunjukkan adanya kanker usus besar atau rektum.

Dilansir dari Times of India, anda harus bisa mendeteksi dan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga:
Temuan Baru, Tingkat Kemanjuran Suntikan Booster Vaksin Covid-19 Menurun setelah Beberapa Bulan

Karena, kanker usus ini bisa disembuhkan bila gejalanya terdeteksi sejak awal. Sebab, kemungkinan kanker usus sembuh akan lebih kecil ketika sudah berkembang cukup parah.

Ilustrasi kanker uus. (Shutterstock)
Ilustrasi kanker usus. (Shutterstock)

Gejala kanker kolorektal stadium awal termasuk penurunan berat badan secara tiba-tiba, kesulitan buang air besar, pendarahan dubur yang berwarna gelap atau merah terang dan perasaan tidak enak diperut.

Gejala lain dari kondisi ini termasuk, anemia, sakit perut terus-menerus dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.

Meskipun gejala-gejala ini bisa menjadi akibat dari kondisi kecil lainnya seperti bisul, wasir atau Penyakit Crohn, Anda perlu konsultasi dengan dokter.

Beberapa gejala lain termasuk darah dalam tinja, perubahan waktu ekskresi teratur, peningkatan frekuensi pengosongan usus atau sembelit.

Baca Juga:
Rendah Banget, Capaian Vaksin Booster di Balikpapan Baru 7 Persen, Syaiful Bahri Sebut Banyak Warga Termakan Hoaks

Kondisi ini juga termasuk benjolan di bagian dubur atau perut dan perasaan perlu mengejan ketika buang air besar.

Baca :  Orang dengan Telinga Kecil Tak Bisa Komunikasi? Ini Penjelasan Pakar

Leave A Reply

Your email address will not be published.