Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Trik Tidur Nyenyak Dalam 5 Menit, Coba Konsumsi 2 Makanan Ini sebelum Tidur!

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Perasaan stres atau cemas kerap mempengaruhi kualitas tidur malam. Bagi sebagian orang, kondisi itu bisa membuat kesulitan tidur saat malam hari.

Telah banyak metode populer agar cepat tidur. Seperti minum secangkir teh camomile sebelum tidur hingga menyemprotkan cairan lavender yang harum ke bantal.

Tetapi seorang dokter influencer di media sosial punya trik yang berbeda dan tidak biasa. Lewat akun TikTok pribadinya, ahli kesehatan asal Amerika Serikat Dr. Alan Mendell, yang paling dikenal oleh penggemar sebagai dokter motivasi, membagikan tips agar cepat tidur meski kondisi sedang stres.

Ia mengatakan bahwa meletakkan sebongkah es di atas dada, di antara payudara, dapat bekerja sangat baik untuk tidur malam nyenyak. Caranya, bungkus es dengan kain kemudian letakan di atas dada selama sekitar 15 menit.

Baca Juga:
5 Hal Jitu Pencegah Insomnia dan Kapan Harus ke Dokter

ilustrasi tidur.[Pexels/Ivan Oboleninov]
ilustrasi tidur.[Pexels/Ivan Oboleninov]

“Menempatkan sesuatu yang dingin di tubuh bagian atas Anda akan membantu mengaktifkan saraf vagus,” jelasnya, dikutip dari Mirror.

Menurutnya, cara itu bisa bantu menenangkan dan membuat tubuh lebih rileks.

“Jadi, ambil kompres es, taruh di dada. Ini akan membuat tubuh Anda yang stres jadi tertidur,” imbuhnya.

Saraf vagus merupakan saraf kranial di tubuh manusia yang memanjang dari batang otak hingga ke bagian usus besar. Dikutip dari Healthline, saraf vagus menopang sejumlah fungsi organ internal, seperti sistem pencernaan, detak jantung, pernapasan, dan aktivitas kardiovaskular. Serta tindakan refleks, seperti bersin, batuk, menelan, dan muntah.

Saraf vagus terkait erat dengan kualitas tidur, juga dengan fungsinya termasuk menyeimbangkan sistem saraf dengan menerapkan respons relaksasi, salah satu aspek terpenting agar bisa tidur malam yang nyenyak.

Baca :  Siap-Siap! Menkes Bakal Umumkan Tes Antigen Covid-19 yang Boleh Digunakan di Rumah

Baca Juga:
Apa Itu Sleep Texting, Lalu Bagaimana Cara Mencegahnya Agar Tak Semakin Parah dan Bikin Malu

Leave A Reply

Your email address will not be published.