Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Terpopuler Kesehatan: Penyebab Tidak Pernah Positif Covid-19, Obat Hipertensi Tidak Menyebabkan Penyakit Ginjal

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Belakangan banyak masyarakat yang membeli alat tes Covid-19, terutama tes antigen untuk digunakan di rumah. Tes kit ini banyak digunakan karena dianggap masyarakat lebih mudah, dan efisien, karena bisa dilakukan mandiri tanpa perlu bantuan tenaga kesehatan.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pihaknya akan segera mengatur terkait penggunaan alat tes Covid-19 yang bisa digunakan secara mandiri di rumah.

Budi Gunadi melanjutkan, bahwa pihaknya tidak ingin alat yang digunakan oleh masyarakat tidak sesuai dengan standar dan tidak layak untuk digunakan.

“Sekarang kita rapihkan, kita engga mau semua menjual barang-barang ini, nanti kasihan konsumen,” ujar Menkes dalam Keterangan Pers Menteri terkait Hasil Ratas PPKM, Jakarta, 21 Februari 2022.

Baca Juga:
Kembangkan Digitalisasi UMKM, Wujud Konkret Bobby Nasution Tunaikan Janji

Petugas Dinkes Kota Madiun melakukan tes antigen terhadap sejumlah siswa dan guru di SD Muhammadiyah dan SMPN 2 setempat, Kamis (20/1/2022). Pemeriksaan tersebut terkait kasus penularan COVID-19 dari klaster instansi perbankan di Kota Madiun. (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun)
Petugas Dinkes Kota Madiun melakukan tes antigen terhadap sejumlah siswa dan guru di SD Muhammadiyah dan SMPN 2 setempat, Kamis (20/1/2022). Pemeriksaan tersebut terkait kasus penularan COVID-19 dari klaster instansi perbankan di Kota Madiun. (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun)

“Sudah kita tes beberapa, dan memang sudah layak dan kita umumkan secara terbuka khusus secara terbuka”

Dalam kesempatan terpisah, Sekjen Kemenkes Kunta Wijaya mengatakan bahwa anjuran Kemenkes, juga mengingatkan masyarakat untuk bisa melakukan isolasi mandiri bisa dilakukan selama 10 hari penuh. 

“Sepanjang isolasi mandiri dilakukan dengan benar selama 10 hari akan hilang sendiri virusnya. Tapi kalau kita ingin tes silakan saja hari ke-5 atau hari ke-6. Kalau masih positif, dia harus berlanjut sampai hari kesepuluh,” jelas Kunta dalam diskusi virtual bersama Radio Kesehatan Kemenkes, Senin (21/2/2022).

Selama isolasi mandiri, Kunta mengingatkan, pasien Covid-19 tidak boleh bertemu siapa pun secara langsung apalagi nongkrong bersama rekan-rekannya.

“Jangan isolasi mandiri tapi tetap kongkow-kongkow, itu akan tetap muter Covid-nya. Yang penting adalah kita sesuai dengan apa yang sudah dianjurkan dan merasa kita sendiri sehat,” ujarnya.

Baca :  Update Covid-19 Global: Singapura Laporkan Kematian Pertama pada Kasus Omicron

Baca Juga:
3 Hal yang Membuat Masyarakat Indonesia Kesulitan Menjalani Kehidupan, Ada Banyak Krisis!

Juru bicara Covid-19 pemerintah dr. Reisa Broto Asmoro menambahkan, pasien Covid-19 juga harus menjalankan protokol kesehatan secara ketat selama menjalankan isolasi mandiri di rumah. Terutama apabila di dalam rumah ada yang tidak positif Covid-19, agar tidak menularkan kepada anggita keluarga yang lain.

Leave A Reply

Your email address will not be published.