Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Hati-hati Beri Paracetamol Sebelum Anak Diimunisasi, Ini Efek Samping yang Bisa Terjadi

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Paracetamol selama ini kerap digunakan untuk mengatasi rasa sakit, nyeri hingga demam. Dalam situasi pandemi Covid-19, paracetamol juga kerap disarankan untuk pasien virus corona. 

Tapi, mulai sekarang sebaiknya berhati-hati. Karena konsumsi paracetamol ternyata berisiko pada serangan jantung. Sebuah penelitian besar telah menunjukkan bahwa orang Inggris yang telah menggunakan obat yang mengandung “bahan tersembunyi” lebih mungkin untuk mengalami serangan jantung, stroke, gagal jantung atau mati.

Kebanyakan orang tidak akan menyadari bahwa garam terkadang ditambahkan ke parasetamol untuk membantu memecahnya dalam air. Tetapi para peneliti memperkirakan bahwa 170 dari setiap 10.000 orang dewasa di Inggris menggunakan obat yang mengandung garam.

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels
Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Dilansir dari The SUN, obat ini dijual sebagai “cepat larut”, “ekstra larut” atau “berbuih”. Orangtua dan perempuan lebih cenderung menggunakan obat-obatan dengan garam di dalamnya.

Baca Juga:
Tidak Hanya Bagus untuk Otak, Omega-3 Juga Bisa Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Para ahli mengatakan bahwa beberapa orang dapat melebihi batas garam harian yang direkomendasikan (2g) dengan menggunakan pil setiap hari.

Peneliti utama Profesor Chao Zeng mengatakan: “Orang harus memperhatikan tidak hanya asupan garam dalam makanan mereka tetapi juga tidak mengabaikan asupan garam tersembunyi dari obat di lemari mereka.

“Hasil kami menyarankan untuk meninjau kembali profil keamanan parasetamol effervescent dan larut.”

Tim yang dipimpin oleh Rumah Sakit Xiangya, Central South University, Changsha, China, melihat data kesehatan dari 300.000 orang Inggris berusia antara 60 dan 90 tahun.

Mereka telah diberi resep garam yang mengandung parasetamol atau parasetamol yang tidak mengandung garam – yang dalam bentuk tablet, kapsul atau suspensi oral.

Baca Juga:
Satu Orang Tewas dalam Bencana Angin Puting Beliung yang Sempat Terbangkan Atap Rumah Warga di Lembang

Baca :  Maura Magnalia, Putri Nurul Arifin Meninggal Karena Serangan Jantung: Kenapa Menyerang Usia Muda?

Pada mereka dengan tekanan darah tinggi (hipertensi), risiko serangan jantung, stroke atau gagal jantung setelah satu tahun adalah 5,6 persen pada kelompok garam-parasetamol.

Leave A Reply

Your email address will not be published.