Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Telinga Berdenging Terus Menerus Apa Sebabnya? Ini Penjelasan dari Dokter

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Seringkali orangtua tidak sadar saat bertengkar di depan sang anak. Padahal pertengkaran yang terjadi sedikit banyak akan berpengaruh terhadap kondisi anak. 

“Jika pertengkaran orangtua menjadi kebiasaan, maka anak merasa bahwa keadaan rumahnya tidak aman. Dan anak akan mendapati dirinya bersalah dan bertanggung jawab atas pertengkaran kedua orangtuanya,” ungkap Direktur, Kesehatan Mental dan Ilmu Perilaku Fortis Healthcare, Dr. Samir Parikh  dilansir dari Healthshots.

Lantas, apa saja yang terjadi ketika orangtua kerap bertengakr di depan anak? Berikut faktanya. 

Berpengaruh Terhadap Harga Dirinya

Baca Juga:
Bejat! Kakek 76 Tahun Tega Cabuli Balita Kembar, Kini Terancam Habiskan Masa Tua di Penjara

Ilustrasi pasangan bertengkar (freepik.com/wayhomestudio)
Ilustrasi pasangan bertengkar (freepik.com/wayhomestudio)

Ketika anak menghadapi keluarganya yang terus bertengkar, ini membuat anak merasa bersalah, takut, dan tidak aman. Bahkan, anak seringkali berakhir dengan menyalahkan dirinya sendiri, sebab kelahiran dirinya menjadi beban kedua orangtuanya. Oleh karena itu, efeknya bisa berpengaruh terhadap harga dirinya.

“Ini memengaruhi harga diri anak, karena mereka merasa bahwa orangtua mereka tidak bahagia. Terkadang, anak akhirnya menyalahkan dirinya sendiri,” ungkap Dr. Samir Parikh.

Berdampak Bagi Kesehatan Mental Anaknya

Pertengkaran orangtua yang terus-terusan terjadi, ini bisa berdampak bagi kesehatan mental anaknya. Salah satunya perasaan cemas, tertekan, dan tidak berdaya ketika menghadapi situasi yang penuh pertengkaran. Bahkan, itu juga memicu tekanan emosional, sehingga anak tak hanya merasakan stres, tapi bisa memicu rasa sakit kepala, masalah perut, dan kesulitan tidur di malam hari.

Memengaruhi Hubungan Masa Depan Anak

Baca Juga:
Dukung PTM, Pemkab Rembang Selenggarakan Vaksinasi untuk 57 Ribu Anak Usia 6-11 Tahun

Pertengkaran keluarga yang terjadi dalam rumah, akan memengaruhi persepsi anak tentang hubungan, baik itu orangtua kepada anak. Bahkan, efeknya anak akan mengikuti cara orangtuanya, salah satunya suka bertengkar hingga kekerasan dalam rumah tangga. Tentunya, apa yang orangtua tanam, itu akan dilakukan kepada anak di masa depannya.

Baca :  Update Covid-19 Global: Gegara Omicron, Jepang Cetak Rekor Kematian Harian Baru

Leave A Reply

Your email address will not be published.