Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Kemenkes Sebut Pandemi Covid-19 Telah Terkendali, Bantuan Dari Pemerintah AS Kini Resmi Dihentikan

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Pengacara kondang Hotman Paris baru-baru ini membagikan kabar kurang mengenakan terkait kondisi kesehatannya. Hotman mengaku mengidap penyumbatan pembuluh darah sebesat 70 persen sampai ia harus memasang tiga ring di jantung. Lalu apa sih penyebab penyumbatan darah? 

Seperti yang diketahui, kondisi Hotman terdeteksi setelah dirinya melakukan CT Scan pasca mengeluh sakit pada bagian belakang telinganya. Berdasarkan hasil pemeriksaan, pembuluh darah Hotman Paris sudah memerah tiga perempat, bahkan ada pula pembuluh yang hampir putus.  

“Saya tidak tahu, tapi dengan berjalan waktu makanan itu mengendap, jadi terjadilah penyumbatan. Jadi saya ada tiga cincin, ring tiga. Harganya waktu itu hampir 500 juta,” kata Hotman saat ditemui di Jakarta, mengutip dari InsertLive. 

Penyebab Penyumbatan Pembuluh Darah 

Spesialis jantung dan pembuluh darah, dr Bayushi Eka Putra, SpJP, FIHA, mengatakan bahwa penyumbatan pembuluh darah atau penumpukan plak di lapisan bagian dalam pembuluh darah atau disebut juga dengan aterosklerosis.

Kondisi tersebut bisa terjadi saat penumpukan plak di dalam area dinding arteri mempersempit atau bahkan bisa memblokir aliran darah di area tersebut. 

Adapun penyebab atau faktor risiko utama seseorang bisa mengalami kondisi ini karena mempunyai riwayat hipertensi, kolesterol tinggi, merokok, diabetes, sampai gaya hidup yang tidak sehat.

Lebih lanjut, dr Bayushi juga menegaskan jika kondisi ini tak hanya terjadi pada orang tua, namun juga bisa menimpa mereka yang masih muda.  

Selain itu, faktor genetik juga perlu diperhatikan. Sebab penyakit ini bisa terjadi karena diturunkan dari keluarga. Meskipun penyumbatan darah paling sering dialami oleh seseorang dengan rentan usia yang tua.

Namun tak menutup kemungkinan jika anak muda bisa mengidap penyakit ini. Apalagi jika pola hidup mereka tidak diperhatikan. 

Baca :  Otoritas Kesehatan Inggris Investigasi Kombinasi Temuan Varian Delta dan Omicron, Berbahayakah?

Sementara itu, gejala penyumbatan pembuluh darah sangat bervariasi dan terkadang sulit dideteksi. Oleh karenanya, ia mengimbau kepada masyarakat untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan supaya bisa memonitor kondisi kardiovaskular. Jangan lupa juga menerapkan pola hidup, menjaga kesehatan psikis, serta menghindari stres yang berlebih. 

“Komplikasi akibat penyumbatan pembuluh darah bisa berdampan serius, termasuk serangan jantung, stroke, bahkan kematian. Untuk mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah, dianjurkan untuk menghindari makanan tinggi lemak jenuh dan kolesterol, serta menjaga pola hidup sehat,” terang dr Bayushi Eka Putra, SpJP, FIHA. 

Nah demikian tadi penyebab penyumbatan darah dan gejala yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Leave A Reply

Your email address will not be published.