Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Sejumlah Tanda 'Halus' Kanker Ovarium yang Tidak Berkaitan dengan Menstruasi, Salah Satunya Perut Kembung

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Virus corona Covid-19 memang berdampak buruk pada ibu hamil. Tapi, tingkat penularan virus dari ibu ke bayi dalam kandungan tergolong rendah.

Sebuah studi baru dari Boston University School of Medicine (BUSM) telah menunjukkan bahwa ACE-2, reseptor yang memungkinkan virus corona Covid-19 memasuki sel ditemukan dalam tingkat lebih rendah di plasenta ibu hamil.

Bahkan, reseptos untuk virus corona Covid-19 menginfeksi sel ini lebih rendah pada ibu hamil dibandingkan wanita normal lainnya.

“Kami berpikir bahwa ketika seorang wanita terinfeksi virus corona dalam kehamilan, plasenta melepaskan ACE-2 sebagai cara untuk memblokir virus corona Covid-19 agar tidak ditularkan ke janin,” kata Elizabeth S. Taglauer, Asisten Profesor Pediatri di BUSM dikutip dari Times of India.

Baca Juga:
Mengenal Omicron COVID-19, Penanganan dan Pencegahannya

Dalam penelitian tersebut, tim melibatkan pengumpulan plasenta dari dua kelompok wanita yang melahirkan di BMC dari Juli 2020-April 2021.

Ilustrasi virus corona Covid-19. (Pixabay/Engin_Akyurt)
Ilustrasi virus corona Covid-19. (Pixabay/Engin_Akyurt)

Kelompok pertama adalah wanita yang memiliki kehamilan normal dan tidak ada laporan infeksi virus corona Covid-19.

Kelompok kedua adalah wanita yang positif virus corona Covid-19 dan terinfeksi virus corona selama kehamilan.

Kemudian, para peneliti mengamati ekspresi ACE-2 di plasenta mereka di bawah mikroskop dan membandingkan ekspresi ACE-2 plasenta menggunakan teknik analisis genetik dan protein.

Menurut para peneliti, plasenta memiliki banyak kesamaan dengan paru-paru. Sehingga penelitian ini juga menyoroti pentingnya mempelajarinya untuk membantu memahami berbagai penyakit paru-paru dan menyoroti peran penting pengendalian ACE-2 sebagai cara untuk mencegah virus corona.

Baca Juga:
Penelitian Temukan Varian Omicron Tetap Menular hingga 6 Hari setelah Gejala Muncul

Jika kita bisa memahami cara plasenta melindungi bayi dari virus corona secara alami. Hal ini bisa memberikan informasi penting untuk terapi dan strategi membantu mencegah infeksi SARS-CoV-2 lainnya.

Baca :  Anak Aurel Hermansyah Punya Lesung Pipi, Benarkah Lekuk Itu Terbentuk karena Faktor Genetik?

Leave A Reply

Your email address will not be published.